Musik dan Lirik Dapat Cegah Gangguan Mental, Ini Jelasnya

0
1
Musik dan Lirik Dapat Cegah Gangguan Mental, Ini Jelasnya
Musik dan Lirik Dapat Cegah Gangguan Mental, Ini Jelasnya

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, Resso, sebagai aplikasi streaming musik sosial pertama di dunia, berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan bagaimana musik dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental.

Covid-19 menghadirkan ancaman serius bagi kesehatan fisik dan mental, namun untuk kesehatan mental sendiri biasanya kurang mendapat perhatian. Menurut survei yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) dari Juni hingga Agustus 2020 di 130 negara, ditemukan bahwa lebih dari 60% melaporkan gangguan layanan kesehatan mental bagi orang-orang yang rentan, termasuk anak-anak dan remaja (72%) dan orang dewasa yang lebih tua (70%).

Pada masa yang sulit seperti saat ini, penting untuk kita menemukan cara untuk menghadapi hal tersebut, baik dengan mendengarkan musik yang memberi kenyamanan, melakukan hobi baru, atau istirahat sesekali untuk menjaga kondisi psikologis kita.

Menurut survei Ruang Peka UNICEF di Indonesia, mendengarkan musik (29%) dianggap sebagai salah satu aktivitas paling efektif yang dilakukan oleh remaja untuk menurunkan tingkat stres/kecemasan selama periode pandemi/PSBB.

“Musik adalah salah satu alat yang ampuh untuk membantu kesehatan mental kita. Musik memiliki kemampuan untuk membuat kita menari dan bernyanyi sepenuh hati. Mulai dari Indie dan Kpop hingga elektronik dan pop, serta berbagai genre lainnya, ada variasi yang tak ada habisnya dalam mendengarkan musik dan menemukan lagu serta lirik yang cocok menggambarkan suasana hati adalah hal yang penting, ” ujar Christo Putra,  Head of Music and Content Resso Indonesia.

Banyak lagu yang dapat memotivasi pendengar saat ini, mulai dari genre K-pop, seperti lagu SuperM “Better Days” dari album terbarunya Super One, hingga lagu Indonesia seperti “Rehat” dari Kunto Aji.

Mendengarkan lagu-lagu tersebut dan meresapi liriknya dapat membantu memberi kenyamanan bagi kita dan motivasi untuk tetap bersemangat menghadapi berbagai situasi yang tidak menentu saat ini.

Lirik memainkan peran penting dalam sebuah lagu karena dapat membantu pendengar menyampaikan apa yang mereka rasakan dan pikirkan saat ini. Oleh karena itu fitur Lyrics Quote dari Resso tidak hanya memungkinkan pengguna untuk bernyanyi bersama dengan lagu favorit mereka, tetapi juga membagikan lirik favorit mereka dan mengunggahnya di media sosial. Dengan membagikan lirik, pengguna juga dapat membantu memberi motivasi pada orang-orang di sekitarnya.

Berikut adalah empat cara mudah untuk membagikan lirik favorit Anda di media sosial:

  1. Unduh aplikasi Resso di App Store untuk iOS dan Google Play untuk Android. Nikmati free trial premium secara gratis selama 14 hari untuk pengguna baru.
  2. Pilih lagu favorit & klik simbol panah di samping bagian komentar.
  3. Pengguna dapat memilih kutipan lirik sesuai keinginan & memilih vibe atau latar belakang gambar maupun video yang ingin digunakan. Setiap video lirik memiliki durasi maksimal 30 detik.
  4. Setelah selesai, pengguna dapat membagikannya langsung ke berbagai media sosial, termasuk Instagram dan Facebook. (JM01)