OttoPay Dukung UMKM Siap Digital Lewat OttoKasir dan OttoGrosir

0
3
OttoPay Dukung UMKM Siap Digital Lewat OttoKasir dan OttoGrosir
OttoPay Dukung UMKM Siap Digital Lewat OttoKasir dan OttoGrosir

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pergerakan UMKM menjadi sorotan utama di tengah gencarnya transformasi digital pada sektor ekonomi domestik, terutama dalam membantu pegiat UMKM menghadapi berbagai tantangan laju digitalisasi UMKM di Indonesia.

Mulai dari pencatatan transaksi yang masih berantakan sehingga mengurangi omzet, bingung berapa untung yang didapat, lupa memperbarui stok barang, sampai kesulitan akses untuk memperoleh barang dari distributor secara efisien.

Oleh karena itu, OttoPay, aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir untuk memaksimalkan UMKM digital, terutama dari sisi pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang.

Melalui kedua layanan ini, OttoPay berhasil mencatat total transaksi QRIS hingga 60 persen dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi.

Baca juga : Bank Syariah Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pegawai & Keluarga di…

Hasil riset Alpha JWC Ventures dan Kearney berjudul “Unlocking Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, penggunaan layanan digital di kota kedua dan ketiga akan mendongkrak sektor UMKM, salah satunya melalui pembayaran digital, sehingga nantinya akan berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi digital dari UMKM.

Sebagai penyedia layanan transaksi digital bagi UMKM, OttoPay optimis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM.

Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Muhammad Alfi Nurcahyo mengatakan, dari hasil implementasi kerjasama bisnis keseluruhan yang sudah berjalan, sudah ratusan ribu UMKM yang telah mengoptimalkan layanan OttoPay, di antaranya melalui layanan OttoKasir dan OttoGrosir.

“Kami berharap hadirnya kedua layanan yang saling terintegrasi ini dapat menjangkau mitra UMKM lebih luas lagi dan membantu mereka untuk lebih berdaya,” jelasnya.

Baca juga : BI Gelar Festival Ekonomi Syariah Regional (Fesyar) Jawa Tahun 2021

OttoPay, lanjutnya, mendukung persiapan digitalisasi UMKM, dimana melalui aplikasi OttoKasir, telah disediakan pencatatan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai, QRIS, dan kasbon sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila pencatatan keuangannya tidak terdata dengan baik.

“Selama periode Oktober 2020 – Agustus 2021, 60% transaksi yang tercatat dalam aplikasi OttoKasir berasal dari QRIS, serta mitra-mitra yang sudah menggunakan OttoKasir lebih terbantu dalam operasional usaha, sehingga dari segi pencatatan transaksi digital dan operasional, persentase tersebut memantapkan posisi OttoPay dalam mendukung persiapan UMKM untuk go digital,” tambah Alfi.

OttoPay juga menghadirkan OttoGrosir yang ada di kantor cabang OttoPay yang mewadahi kebutuhan setiap mitra melalui penyediaan barang-barang sembako atau bahan baku. Dan hingga saat ini, kantor cabang OttoGrosir telah melayani sekitar 2000 mitra OttoPay di 12 wilayah, yaitu: Jakarta, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, dan Palembang.

“Untuk ke depannya, OttoGrosir juga berencana memperluas jangkauan ke daerah lainnya dan menjalin kerja sama dengan para pemasok utama barang yang dibutuhkan oleh mitra-mitra OttoPay,” lanjut Alfi.

Baca juga : Bank Jatim Sukseskan Program Vaksinasi Hingga Pulau Bawean

Selain itu, terang Alfi, dalam fitur OttoGrosir yang terintegrasi dengan aplikasi OttoKasir, mitra dapat melakukan penyusunan daftar produk atau dagangan yang dijual pada lapak OttoGrosir, sehingga mitra OttoGrosir dapat melakukan pencatatan terkait dengan stok barang dagangan dan transaksi menggunakan aplikasi OttoKasir.

“Dalam penerapannya, kedua layanan ini (OttoKasir dan OttoGrosir, red) akan terus kami evaluasi agar semakin efisien, solid, komprehensif, dan berkesinambungan mendukung digitalisasi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga memberikan bukti nyata dalam mendukung laju peningkatan ekonomi digital secara nasional,” pungkas Alfi. (JM01)