Permudah Akses Layanan, BPJS Kesehatan Rangkul RSGM Unair

0
8
Permudah Akses Layanan, BPJS Kesehatan Rangkul RSGM Unair
Kepala bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan, Binti Lukluah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – BPJS Kesehatan Cabang Surabaya terus berusaha memberikan akses kemudahan layanan kepada peserta JKN. Salah satunya adalah dengan menggandeng Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga (RSGM Unair).

Kepala bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan, Binti Lukluah menjelaskan, bergabungnya RS Khusus ini adalah yang pertama di Jawa Timur.

Setelah penyampaian pengajuan kerja sama dan semua persyaratan baik yang mutlak dan tambahan terpenuhi, lanjutnya, maka tidak ada halangan lagi bagi BPJS Kesehatan dan RSGM Unair untuk menjadi mitra dalam memberikan layanan kesehatan bagi peserta JKN.

“Melalui penandatanganan perjanjian kerja sama ini, maka efektif per 1 Desember 2021, RSGM sudah bisa melayani peserta JKN,” jelas Luluk di Surabaya, Senin (6/12/2021).

Luluk berharap kedepannya, kerja sama dengan RSGM ini akan meningkatkan kualitas layanan BPJS Kesehatan, utamanya untuk tindakan operasi khusus gigi dan mulut.

Baca juga : Bank Indonesia Bersama BMPD Provinsi Jawa Timur Beri Bantuan Korban Bencana…

Contohnya, lanjut Luluk, kasus gigi yang tidak bisa ditangani di faskes pertama oleh dokter gigi umum, nanti akan dirujuk ke RSGM Unair karena sarana prasarana hingga SDM nya lebih lengkap.

“Karena ini kan RS spesialis dan lengkap, namun tidak hanya terdiri dari spesialis bedah mulut saja, banyak spesialis di situ yang bisa melakukan tindakan operasi. Jadi misalnya di RSGM ini ditangani spesialis bedah mulut kemudian membutuhkan yang sub spesialis lagi, otomatis bisa ditangani langsung tanpa harus merujuk ke RS yang lain,” tambah Luluk.

Dihubungi terpisah, Direktur RSGM Unair Surabaya, Prof. Coen Pramono Danudiningrat, drg., mengatakan, bergabung bersama BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN adalah sebuah kehormatan. Apalagi RSGM memiliki visi dan misi untuk membantu pemerintah.

“Jika BPJS Kesehatan sampai berkenan bergabung dengan kami, berarti kami dianggap RS terpilih. Itu artinya karena sudah melewati kredensial,” ujarnya.

Selain pertama di Jawa Timur, lanjutnya, visi kedepan RSGM dari internal sendiri jelas akan memberikan pelayanan terbaik menjadi Rumah Sakit terkemuka di tingkat nasional dan internasional.

“Kemudian misi RSGM yakni melengkapi semua fasilitas RSGM untuk memberikan pelayanan di tujuh bidang spesialis,” ungkap Prof. Coen.

Baca juga : Tourism Malaysia Gelar Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya sebagai…

Sepanjang tahun 2021, BPJS Kesehatan Cabang Surabaya telah menambahkan 4 rumah sakit dalam daftar provider, terdiri dari dua klinik utama, RS Khusus Gigi dan Mulut dan RS Mayapada yang akan mulai melayani tanggal 11 Desember 2021. Sehingga saat ini ada total 54 provider yang telah bekerja sama dalam melayani peserta JKN di wilayah Kota Surabaya. (JM01)