Tourism Malaysia Gelar Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya sebagai Persiapan Pembukaan Kunjungan Wisata Malaysia

0
7
Tourism Malaysia Gelar Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya sebagai Persiapan Pembukaan Kunjungan Wisata Malaysia
Haryanty Abu Bakar, Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta (kanan) saat memberi penjelasan pada awak media di Surabaya, Rabu (8/12/2021)

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sukses mengobati kerinduan para travel agent Malaysia dan Indonesia melalui acara ‘Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021’ di Yogyakarta dan Jakarta, Tourism Malaysia kembali melanjutkan rangkaian sama di Surabaya pada 08 Desember 2021.

Acara yang diresmikan secara virtual oleh Director General Tourism Malaysia, Dato’ Haji Zainuddin Abdul Wahab di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya ini, mempertemukan 40 sellers Malaysia dengan 40 travel agent dari Surabaya dan sekitarnya secara hybrid.

Haryanty Abu Bakar, Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta mengatakan, melalui platform online yang disediakan, sebanyak 40 Malaysian seller yang terdiri dari 27 travel agent, 10 hotel, 2 product owner dan 1 maskapai penerbangan, akan membuat business matching dengan 40 buyers (travel agent Jawa Timur).

Baca juga : Bank Indonesia Bersama BMPD Provinsi Jawa Timur Beri Bantuan Korban Bencana…

Tourism Malaysia Gelar Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya sebagai Persiapan Pembukaan Kunjungan Wisata Malaysia
Tourism Malaysia Gelar Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya sebagai Persiapan Pembukaan Kunjungan Wisata Malaysia

“Karena digelar secara hybrid, maka buyer yang hadir di venue, tidak perlu berpindah tempat duduk mencari sellers seperti travel mart pada umumnya, karena mereka akan bertemu dengan sellers Malaysia melalui layar laptop masing-masing,” jelasnya di Surabaya, Rabu (8/12/2021).

Haryanty menambahkan, sistem business matching ini berjalan secara otomatis, dimana administrator telah membuat jadwal pertemuan 40 sellers dan buyers (pre-schedule appointment) lebih awal dan akan selesai dalam tempoh 5 jam acara.

Virtual Travel Mart Roadshow 2021 ini, lanjut Haryanty, diadakan sebagai langkah persiapan Malaysia untuk membuka kembali border secara penuh bagi tujuan pariwisata di tahun 2022, terutamanya pelancong dari Indonesia.

“Saat ini pemerintah Malaysia sudah membuka Langkawi untuk pariwisata melalui program Langkawi International Travel Bubble yang bermula pada 15 November 2021. Wisatawan internasional tidak perlu karantina tetapi diharuskan untuk tinggal minimal tujuh hari di pulau Langkawi sebelum diperbolehkan mengunjungi wilayah lain di seluruh Malaysia, seperti Kuala Lumpur, Penang atau Melaka yang merupakan destinasi favorit wisatawan Indonesia,” tambah Haryanty.

Baca juga : Best Western Papilio Hotel Surabayaa Gelar Program Festive Season

Haryanty kembali menambahkan, program travel bubble ini mempunyai SOP yang perlu diikuti oleh calon wisatawan asal Indonesia, seperti sudah divaksinasi penuh, harus memberi asuransi perjalanan yang cover perawatan Covid-19 dan harus membeli paket perjalanan melalui agen perjalanan.

Dalam menawarkan program Langkawi International Travel Bubble ini, Malaysia Airlines selaku partner resmi acara business matching ini juga menyiapkan promo istimewa ‘economy flexi fare’ ke Kuala Lumpur dan Langkawi mulai Rp 3,9 juta untuk tiket return.

“Malaysia Airlines sebagai maskapai penerbangan kebanggaan Malaysia yang tergabung dalam aliansi maskapai dunia oneworld, menerbangkan 40,000 penumpang setiap hari ke berbagai rute domestik dan penerbangan internasional ke 1000 destinasi di lebih dari 150 negara berencana akan kembali membuka penerbangan langsung dari Surabaya ke Kuala Lumpur pada Januari 2022,” terangnya.

Baca juga : Meriahkan 12.12 Birthday Sale, Shopee Gelar Kreasi Produk Lokal di Era…

Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Surabaya ini, lanjutnya, dapat terlaksana sukses karena mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan asosiasi travel agent lokal, yaitu DPD ASITA Jawa Timur dan DPD ASTINDO Jawa Timur.

“Kaarena itu, kami dari Tourism Malaysia mengucapkan setinggi-tingginya terima kasih dan selamat berlibur kembali ke Malaysia,” pungkas Haryanty. (JM01)