PertaLife Insurance Gelar Inklusi dan Literasi di ITS Surabaya

0
63
PertaLife Insurance Gelar Inklusi dan Literasi di ITS Surabaya
PertaLife Insurance Gelar Inklusi dan Literasi di ITS Surabaya

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sebagai upaya untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan dilingkungan masyarakat termasuk mahasiswa, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) melalui program PertaLife Goes to Campus menyelenggarakan seminar dengan tema “Inklusi dan Literasi” di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) – Surabaya yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana ITS Surabaya.

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi mengatakan, peningkatan literasi dan inklusi keuangan termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan, perlu dikenalkan kepada mahasiswa.

“Jika literasi keuangan masyarakat termasuk mahasiswa bertumbuh semakin baik, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana mengelola uang yang baik, cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, serta memahami penggunaan financial technology (fintech) agar terhindar dari pinjaman atau investasi legal yang saat ini marak terjadi,” ujarnya di Surabaya, Senin, (29/5/2023).

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03%. Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10% meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 %. Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 % di tahun 2019 menjadi 35,42 % di tahun 2022.

BACA JUGA : Tingkat Pengangguran Terbuka di Jatim Turun 0,48 Persen

Kegiatan seminar ini, tambah Hanindio, adalah komitmen PertaLife Insurance sebagai perusahaan asuransi jiwa yang telah 38 tahun eksis di perasuaransian nasional untuk meningkatkan partisipasi aktif terhadap literasi asuransi di masyarakat Indonesia, sebagaimana diwajibkan oleh OJK kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

“Jika masyarakat termasuk mahasiswa paham tentang perencanaan keuangan tentu akan turut serta membangun ekonomi yang tangguh dan siap menghadapi kondisi apapun termasuk bila dalam kondisi resesi,” lanjut Hanindio.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Vokasi ITS, Dr. Ir. Bambang Sampurno MT., menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang telah dilakukan PertaLife Insurance yang memberikan knowledge tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan.

“Melalui seminar singkat ini mahasiswa akan lebih paham tentang Pentingnya perencanaan keuangan bagi generasi muda, serta memberikan imbauan kepada generasi muda untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi segala kondisi, dengan demikian generasi muda ini akan berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi dan siap bila terjadi resesi,” terangnya.

Department Head Of Corporate Communication PertaLife Insurance, Ratih Triutami Wijayanti menambahkan, kegiatan PertaLife Goes To Campus ini merupakan rangkaian dari kegiatan menjelang 38 tahun PertaLife insurance yang jatuh pada 28 Juni 2023.

BACA JUGA : Wagub Emil Siap Sinergikan RS Swasta dan RS Pemerintah Dalam Meningkatkan…

“Selain seminar Literasi dan Inklusi di ITS Surabaya, kami juga menggelar acatra yang sama di beberapa kota seperti; Dumai, Medan, Semarang dan Cilacap. Selain itu juga dilakukan talkshow di radio-radio tentang pentingnya mempersiapkan masa depan melalui produk-produk PertaLife Insurance yaitu asuransi kesehatan serta pengelolaan dana pensiun,” pungkasnya. (JM01)