Pertumbuhannya Penyaluran Kredit Bank Jatim Melejit 12,61% di Atas Rata-Rata Perbankan

0
14
Pertumbuhannya Penyaluran Kredit Bank Jatim Melejit 12,61% di Atas Rata-Rata Perbankan
Pertumbuhannya Penyaluran Kredit Bank Jatim Melejit 12,61% di Atas Rata-Rata Perbankan

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Menjelang akhir tahun 2023, performa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. atau bankjatim semakin solid. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian kinerja bankjatim pada triwulan III ini yang terus menunjukkan angka positif. Hal ini terlihat dari paparan analyst meeting yang telah dilaksanakan oleh bankjatim dalam rangka pemaparan kinerja Triwulan III tahun 2023, Senin (30/10/2023).

Bertempat di Hotel Alila SCBD Jakarta, analyst meeting tersebut dihadiri langsung oleh direksi bankjatim yaitu Direktur Utama Busrul Iman bersama dengan Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Edi Masrianto serta Direktur Mikro, Ritel & Menengah R. Arief Wicaksono.

Busrul menjelaskan, sampai dengan bulan kesembilan di tahun 2023, melalui beberapa implementasi atas strategi yang dicanangkan perseroan secara keseluruhan relatif memenuhi target.

“Antara lain asset tumbuh sebesar 8,69% (YoY) atau sebesar Rp107 triliun dengan kontribusi dari peningkatan asset produktif yaitu kepemilikan surat berharga yang naik 10,29% (YoY), penyaluran kredit tumbuh 12,61% (YoY) dan pengelolaan asset produktif perseroan menghasilkan pendapatan bunga yang tumbuh 3,8% (YoY) dengan laba bersih di bulan September 2023 sebesar Rp 1,09 triliun,” ujarnya.

BACA JUGA : UUS Bank Jatim Dukung Penguatan Pasar Uang Antarbank Syariah

Busrul menambahkan, sesuai dengan visi misi perseroan di tahun 2023 yaitu Menjadi BPD No.1 di Indonesia dan menjadi benchmark untuk peer groups, maka pada Triwulan 3 2023 ini bankjatim secara masif terus mengembangkan bisnis diluar captive market yang telah dikuasai selama ini dengan menjadikan captive market tersebut sebagai entry point untuk memasuki market area baru. Contohnya, gencar melakukan penyaluran kredit produktif, penggalian dana murah untuk segmen atas dan penetrasi layanan devisa.

”Pengembangan digitalisasi untuk seluruh aspek baik business process maupun penyediaan produk dan jasa digital, layanan devisa juga kami lakukan untuk memberikan pengalaman perbankan yang baru bagi nasabah eksisting maupun untuk meraih market area yang baru,” tegasnya.

Selanjutnya, dari sisi kredit, selama Triwulan III tahun 2023 ini, bankjatim berhasil mencatatkan peningkatan pertumbuhan kredit yang signifikan  yakni 12,61% (YoY). Pertumbuhan tersebut diatas rata rata pertumbuhan sektor industri perbankan per September yaitu di angka 8,96% (YoY). Pertumbuhan kredit tertinggi bankjatim terjadi pada sektor produktif (komersial & SME) sebesar 25,44 % (YoY) dan sektor konsumer sebesar 4,74% (YoY).

BACA JUGA : Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, JIFest 2023 Resmi Digelar

”Kami rasa akses pembiayaan terhadap pelaku usaha harus dibuka selebar-lebarnya  agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Pertumbuhan penyaluran kredit  merupakan cerminan dari perekonomian yang berjalan  dan menandakan adanya kenaikan permintaan barang dan jasa dari masyarakat,” papar Busrul.

Halaman selanjutnya: Pertumbuhan kredit yang telah dicapai……