Pingin Tau Beda Saintek dan Soshum ? Simak Disini

0
42
Pingin Tau Beda Saintek dan Soshum ? Simak Disini
Pingin Tau Beda Saintek dan Soshum ? Simak Disini

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Kamu yang saat ini akan mengikuti UTBK SBMPTN tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah saintek dan soshum. Tapi, apakah kamu sudah benar-benar memahami tentang saintek dan soshum? Jika belum, akan kita kupas tuntas tentang saintek dan soshum.

Sebelum mengulas lebih dalam, kita tentu harus mengenal dulu apa sih saintek dan soshum itu?

Saintek adalah singkatan dari “sains dan teknologi” yang artinya kelompok jurusan atau program studi yang berkaitan dengan dunia sains dan teknologi. Umumnya, siswa yang akan mengambil kelompok jurusan ini adalah siswa yang berasal dari jurusan IPA sewaktu SMA.

Ini karena keduanya masih berkaitan. Kemudian, jurusan atau program studi apa yang termasuk dalam rumpun saintek? Untuk jurusan atau program studi yang termasuk dalam rumpun saintek diantaranya yaitu kedokteran, farmasi, matematika, teknik, kimia, dan fisika.

Baca juga : Gubernur Pastikan PTM di Jatim Sesuaikan SE Mendikbud-Ristek Terbaru

Bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi favorit melalui jalur SBMPTN dengan program studi seperti kedokteran, farmasi, teknik, matematika, dan fisika, maka kamu harus lolos UTBK dalam rumpun saintek. Di mana dalam UTBK ini kamu akan diuji dengan beberapa materi yang berhubungan dengan dunia sains dan teknologi seperti matematika, biologi, fisika, dan kimia.

Sementara mengenai rumpun soshum, sesuai dengan namanya, soshum merupakan singkatan dari sosial dan humaniora, di mana ia adalah kelompok jurusan atau program studi yang ditujukan untuk siswa yang mengambil jurusan IPS. Lalu apa saja materi yang dipelajari di rumpun soshum?

Sama halnya dengan jurusan IPS di SMA, kelompok program studi atau jurusan yang berada di rumpun soshum akan mempelajari materimateri yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial seperti Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Sosiologi, dan Bahasa Inggris.

Setelah mengetahui apa itu soshum, sepertinya kurang afdol jika tidak membahas tentang jurusan-jurusan yang ada di soshum. Kira-kira apa saja ya? Jurusan yang berada di rumpun soshum antara lain Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Hukum, Ilmu Komunikasi, dan Sastra.

Baca juga : Capaian Vaksinasi Ketiga (Booster) Jatim Tertinggi Secara Nasional .

Apapun yang menjadi pilihanmu yang terpenting adalah persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi UTBK. Lalu apa sih yang perlu kita persiapkan?

Persiapan yang paling dasar adalah dengan memperbanyak latihan soal. Kamu bisa mencari contoh prediksi soal-soal dari tahun sebelumnya atau kamu bisa mengikuti bimbingan belajar yang secara khusus akan membahas tentang persiapan UTBK.

Kemudian bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk mengikuti bimbingan belajar? Ada aplikasi bimbel online yang bisa kamu gunakan yang saat ini sudah banyak tersedia.

Perbedaan Saintek dan Soshum

Baca juga : Smartfren Berkolaborasi dengan Ruangguru untuk Majukan Pendidikan di Kabupaten Natuna

Setalah tau apa itu saintek dan soshum, maka perlu rasanya mengenal perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya :

  1. Soal Ujian. Soal yang diujikan dalam rumpun saintek merupakan materi dari jurusan IPA, meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi, Matematika Dasar, dan Matematika IPA. Sedangkan, untuk rumpun soshum soal yang diujikan adalah materi IPS. Soal-soal untuk rumpun soshum antara lain terdiri dari Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, dan Sejarah.
  2. Jurusan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, rumpun saintek membawahi jurusan-jurusan yang berkaitan dengan sains dan teknologi seperti Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Statistika, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, dan Ilmu Komputer. Sedangkan untuk rumpun soshum memiliki pilihan jurusan seperti Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara, Ilmu Sejarah, dan Ilmu Hukum. (JM01)