Resmikan Gedung Latkop UKM Jatim, Gubernur Khofifah Harap Jadi Center of Excellence Koperasi dan UMKM

0
16
Resmikan Gedung Latkop UKM Jatim, Gubernur Khofifah Harap Jadi Center of Excellence Koperasi dan UMKM
Resmikan Gedung Latkop UKM Jatim, Gubernur Khofifah Harap Jadi Center of Excellence Koperasi dan UMKM

Malang, JATIMMEDIA.COM – Penguatan terhadap koperasi dan UKM terus dilakukan di Jawa Timur. Salah satunya, hari ini, Selasa (30/3), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Jatim (Latkop UKM), yang terletak di Perum Bulan Terang Utama, Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.

Gedung Latkop UKM tersebut dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan 4 lantai. Peruntukannya pada lantai 1 untuk ruang pelayanan publik, lantai 2 untuk perkantoran, lantai 3 untuk aula mini dan kelas, lantai 4 untuk olahraga dan rooftop. Latkop UKM Jatim ini juga dilengkapi fasilitas perpustakaan, e-library, dan podcast.

Khofifah berharap, keberadaan Latkop UKM Jatim bisa menjadi center of excellence bagi pelaku koperasi dan UMKM Jatim. Sehingga, bisa memberikan penguatan manajerial skill bagi para pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Malang dan Jatim pada umumnya.

“Kekuatan UMKM di Jatim tahun 2019 kemarin saat pandemi covid-19 sampai sekarang masih mengalami pelemahan. Karenanya melalui Latkop ini kita terus mendorong agar bisa bangkit kembali serta pada saat yang sama lompatan market yang bisa dijangkau akan lebih jauh,” terang Khofifah.

Baca juga : Wagub Emil Ajak Pengrajin Batik Wujudkan Industri Hijau

Latkop UKM Jatim ini, lanjutn Khofifah, sangat strategis karena keberadaan UMKM di Jatim mampu menjadi backbone PDRB Jatim sebesar 56,94 persen. Ditambah lagi saat ini koperasi aktif di Jawa Timur jumlahnya mencapai 22.450 dengan jumlah anggota dan pengelola 3,987 juta orang. Jumlah pelaku UMKM sebanyak 9,78 juta orang.

“Latkop UKM di Malang ini lokasinya sangat strategis, karena koperasi-koperasi terbaik dan terpilih sebagian besar berada di Malang Raya. Terlebih, support dari perguruan tinggi di Malang Raya juga luar biasa, baik dalam hal pelatihan maupun program-program lainnya,” tambahnya.

Halaman selanjutnya: Khofifah juga menjelaskan