SBM PCU Gelar Festival Inovasi Bisnis Anak Muda di Nex-Fest 2024

0
31
SBM PCU Gelar Festival Inovasi Bisnis Anak Muda di Nex-Fest 2024
SBM PCU Gelar Festival Inovasi Bisnis Anak Muda di Nex-Fest 2024

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – SBM PCU menggelar The Nexus Festival 2024 (Nex-Fest), sebuah pameran bisnis karya mahasiswa. Dan dua di antaranya berhasil mendapat pendanaan sebesar 10 juta rupiah dari Kemendikbudristek.

Diketahui, kolaborasi jadi kunci penting dalam dunia bisnis dan manajemen karena kolaborasi dapat membantu bisnis maupun organisasi dalam meningkatkan kreativitas, inovasi, dan memperluas jangkauannya.

Itulah yang dilakukan oleh program Branding and Digital Marketing atau BDM, Hotel Management, dan Finance and Investment PCU (Petra Christian University). Dimana ketiga program itu ada di bawah naungan School of Business and Management (SBM) PCU.

Kolaborasi melalui gelaran Nex-Fest yang dimulai dari tanggal 23 – 26 Mei 2024, di Food Society lantai 2M Pakuwon Mall Surabaya ini hadir sebagai wadah generasi muda dalam berjejaring, dan menemukan potensi diri terbaiknya. Nex-Fest kali ini mengambil tema “Enlightened to Elevate”.

“Anak muda dikenal punya semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga kami ingin mengajak mereka agar tidak hanya sebatas mencari tahu, tapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan ke depan,” ujar Abraham Ivan Kurniawan selaku ketua panitia.

Berbagai acara menarik pun telah disiapkan untuk para gen Z, begitu mereka sering dipanggil. Salah satunya adalah Expo dengan tema “Innovation Alley: Crafting Businesses”. Ini menjadi wadah bagi para mahasiswa PCU, khususnya SBM untuk mempromosikan produk dan inovasi-inovasi bisnis mereka.

BACA JUGA : PCU Hadirkan Pameran Ennui, Pesona Seni Grafis Klasik dan Modern

“Total ada 20 bisnis dari mahasiswa PCU yang ikut expo dan terdiri dari bisnis di bidang makanan, board game, hingga fashion,” imbuh Abraham.

Fakta menarik, dua di antara bisnis yang ikut expo itu telah berhasil mendapat pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi–Kemendikbudristek, sebagai bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024, dimana pendanaan itu ditujukan untuk pengembangan kewirausahaan mahasiswa.

“Masing-masing tim mendapatkan total 10 juta rupiah. Setelah itu, mereka harus mengembangkan dan menjalankan ide bisnis yang dimiliki, sehingga pada akhirnya menjadi suatu bisnis yang sustainable,” kata Dr. Sienny Thio, S.E., M.Bus., selaku Ketua Program Studi Manajemen PCU.

Dua bisnis tersebut adalah Tasché dan Pomo. Tasché adalah brand tas 2in1 yang memiliki produk utama berupa laptop sleeve dengan tote bag di dalamnya. Vivian Hartono dan tim mengembangkan bisnis ini untuk membantu mereka yang cenderung membawa banyak barang dan tas dalam kesehariannya.

BACA JUGA : Penonton PLN Mobile Proliga 2024 Membludak, Lebih 6.000 Pelanggan Manfaatkan Promo…

“Tasché menawarkan produk yang lebih praktis dan multifungsi, tanpa meninggalkan kesan stylish. Tasché punya empat pilihan warna yakni silver, blue, goldish blue, dan nude pink, dengan desain unik dan trendy sesuai tema tahun 2000-an atau dikenal dengan Y2K,” sahut mahasiswi BDM PCU itu.

Sementara itu, Pomo (Potato Mochi) merupakan bisnis dari mahasiswa Hotel Management PCU. Cecilia Cleine dan tim membuat produk makanan dengan kenikmatan yang unik, karena menggabungkan gurihnya kentang dengan lembutnya mochi.

“Masyarakat Surabaya cenderung suka makanan berbahan dasar kentang dan asin. Selain itu, potato mochi juga termasuk hal baru di Surabaya,” jawab Cecilia saat ditanya alasannya memilih bisnis ini.

Uniknya, produk dari Pomo juga bisa dicampur dengan salad, menambah kenikmatan di setiap suapannya. Cecilia juga mengaku bahwa ia dan tim berencana untuk mengembangkan varian makanannya menjadi lebih banyak lagi.

BACA JUGA : Adidas Originals dan KoRn Meluncurkan Koleksi Kolaborasi yang Kedua

Sepanjang gelaran Nex-Fest 2024, ada beberapa acara yang juga ikut memeriahkan. Di antaranya adalah Kids Fashion Show pada hari pertama (23/5), Cilembu Creation di hari kedua (24/5), dan beragam talkshow, workshop serta lomba menarik lainnya.

Tak ketinggalan, hadir Edho Zell, seorang Content Creator Indonesia pada hari ketiga (25/5) yang mengisi sesi talkshow dengan judul “Clicks & Bricks: Building a Brand in the Digital Environment”. Selain itu, hadir pula Christina Ribka, kontestan MasterChef Indonesia season 5 yang juga merupakan alumni Hotel Management PCU untuk beraksi dalam cooking demo bertajuk “Fantasty”. (JM01)