Rujak Cingur Naga oleh Grand Swiss-Belhotel Darmo Raih Juara 2 Festival Rujak Uleg 2024

0
10
Rujak Cingur Naga oleh Grand Swiss-Belhotel Darmo Raih Juara 2 Festival Rujak Uleg 2024
Rujak Cingur Naga oleh Grand Swiss-Belhotel Darmo Raih Juara 2 Festival Rujak Uleg 2024

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Menyambut hari jadi kota Surabaya ke 731 dan dalam upaya melestarikan kuliner khas, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyelenggarakan Festival Rujak Uleg 2024, yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Festival ini dikemas dengan berbagai rangkaian antara lain fashion show akulturasi budaya Surabaya, cobek raksasa, teatrikal, rujak gratis, dan stan kuliner UMKM. Tahun ini adalah perdana Grand Swiss-Belhotel Darmo mengikuti ajang bergengsi ini dan meraih juara.

Tema yang diangkat dalam kegiatan Festival Rujak Uleg 2024 adalah “The History of Rujak Cingur”. Penilaian kategori hotel terbagi dalam tiga poin yaitu 40 % rasa, 30 % tatanan dekorasi rujak dan 30 % ide rujak.

Elemen rujak harus berisi cingur, lontong, tahu, tempe, mentimun, kangkung, taoge, kedondong/mangga muda, bengkoang, nanas, dan kacang panjang. Selain itu peserta hotel juga diwajibkan untuk mempersiapkan dekorasi meja, kostum, dan yel yel dengan gerakan.

Sementara untuk konsep busana dari tim Grand Swiss-Belhotel Darmo adalah “Surabaya European Style” di era victoria. Pengaruh gaya busana Eropa dengan tema akulturasi budaya ini menonjolkan busana rapi, elegan, dan berwibawa yang menjadi cikal bakal warga Surabaya berpenampilan modern masa itu. Busana pria serta wanitanya diberi sentuhan modis topi lebar dengan bulu merak dan gaun lebar menjuntai sehingga tampilan lebih semarak.

BACA JUGA : Penonton PLN Mobile Proliga 2024 Membludak, Lebih 6.000 Pelanggan Manfaatkan Promo…

Ketika penilaian juri dimulai tim secara sigap mempersiapkan seporsi rujak cingur kreasi bersama paduan bahan segar beserta saus istimewa yang telah diracik dengan kombinasi sari buah naga merah. Rasanya tetap otentik khas Surabaya namun ada kesegaran rasa manis unik dari buah naga, oleh sebab itu rujak ini dinamai dengan rujak cingur naga.

Inovasi cita rasa yang unik serta tampilan tatanan isi piring kreatif ini mengantarkan Grand Swiss-Belhotel Darmo meraih juara dua kategori kreasi rujak uleg pada Festival Rujak Uleg 2024 dengan persaingan lebih dari 30 hotel bergengsi di Surabaya. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Diaz Yonadie, General Manager Grand Swiss-Belhotel Darmo menyampaikan bahwa kemenangan ini membawa optimisme untuk lebih dikenal masyarakat luas.

BACA JUGA : First-Ever BMW i5 Resmi Diluncurkan di Jawa Timur

“Banyak yang menanyakan apakah menu rujak cingur naga bisa dinikmati oleh masykarakat umum, tentu saja bisa dengan datang langsung ke restoran kami Grand Kitchen di Grand Swiss-Belhotel Darmo,” ujarnya. (JM01)