Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2023 Siap Digelar di Surabaya 

0
18
Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2023 Siap Digelar di Surabaya 
Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2023 Siap Digelar di Surabaya 

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) merupakan ajang penghargaan bagi karya foto jurnalistik dalam berbagai kategori yang digelar tahunan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Setelah sebelumnya di tahun 2022 digelar di Medan, APFI 2023 dijadwalkan bakal digelar di Kota Surabaya.

Suryanto ketua PFI Surabaya menyampaikan bahwa atas mandat PFI Pusat, pelaksanaan penganugerahan karya foto terpilih dewan juri APFI tahun ini hadir di Surabaya.

“PFI Surabaya sudah mempersiapkan beberapa hal terkait kebutuhan untuk pelaksanaan APFI 2023 yang dijadwalkan Jumat 12 Mei 2023 mendatang. Sudah lebih dari 80 persen persiapan telah kami lakukan,” terang Suryanto, Senin (8/5/2023).

Anugerah Pewarta Foto Indonesia, lanjut Suryanto, merupakan ajang terbesar dan bergengsi bagi insan pewarta foto. Dan sekurangnya 80 karya foto yang terdiri dari foto tunggal, foto esai, serta berbagai foto peristiwa di Indonesia dihadirkan.

“Ada 6 kategori reguler dan 1 kategori citizen journalist. Tiap kategori reguler ada foto tunggal dan foto esai. Karena itu akan hadir foto-foto yang memang cukup menarik dan sarat makna serta memenuhi syarat-syarat sesuai kaidah jurnalistik,” terangnya.

BACA JUGA : KLA Project dan Andra and The Backbone Akan Tampil Satu Panggung…

Puncak acara APFI 2023 yang diselenggarakan di Alun-alun Suroboyo ini nantinya juga diwarnai pameran foto yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

“Pameran foto kali ini adalah bagian peran PFI sebagai organisasi pers di Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapabilitas pewarta foto Indonesia. Melalui APFI dan pameran foto tersebut, kami berharap masyarakat dapat melihat dan memetik hal positif dari berbagai peristiwa di Indonesia melalui karya-karya foto,” tambah Suryanto.

Sementara itu, ketua pelaksana APFI 202E3 di Surabaya, Robert Kumaniren menambahkan, dalam upaya mensukseskan APFI 2023 juga menggandeng banyak pihak diantaranya para mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa khususnya fotografi dari berbagai kampus di Kota Surabaya.

“Lebih dari 80 persen persiapan kami lakukan. Dan untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini kami mengajak mahasiswa khususnya yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa fotografi berbagai kampus di Surabaya. Mohon doa restunya, ” papar Robert.

BACA JUGA : PHMI Kolaborasikan Hotel dan Media Sukses Angkat Geliat Pariwisata di Indonesia

Puncak APFI 2023 dilaksanakan dan dipusatkan di Alun-alun Surabaya pada 12 Mei 2023 pukul 15.00. Tepatnya di Balai Budaya. Bahkan kemudian, setelah puncak pelaksanaan APFI 2023 akan ada juga diskusi foto dan pameran foto. (JM01)