Festival Rujak Uleg Masuk dalam 8 Kharisma Event Nusantara 2023

0
16
Festival Rujak Uleg Masuk dalam 8 Kharisma Event Nusantara 2023
Festival Rujak Uleg Masuk dalam 8 Kharisma Event Nusantara 2023

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Festival Rujak Uleg 2023 yang digelar di kawasan Kembang Jepun (Kya-kya) Surabaya, Sabtu (6/5) malam, merupakan event tahunan yang menjadi salah satu rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

Festival Rujak Uleg 2023 yang dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani, Staf Ahli Kemenparekraf RI Bidang Manajemen Krisis Fajar Hutomo, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, dan jajaran Forkopimda Kota Surabaya, serta Konjen dan Konhor Negara Sahabat ini, mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Surabaya.

Suasana bahkan semakin seru ketika usai menguleg rujak bersama, Gubernur Khofifah memberikan rujak buatannya kepada masyarakat yang turut hadir dalam event tersebut. Tak pelak, rujak dari Gubernur Khofifah tersebut menjadi rebutan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah mengatakan, rujak uleg bukan hanya sekadar kuliner, melainkan telah menjadi tradisi dan budaya di Surabaya, karena setiap RT/RW, serta pelosok kampung pasti mudah ditemukan penjual rujak uleg.

BACA JUGA : Ambil Sumpah Jabatan 1.450 PNS Pemprov Jatim, Gubernur Tekankan Pentingnya Core…

“Rujak uleg jadi sumber ekonomi masyarakat Jatim khususnya warga Surabaya. Ada atau tidak ada cingurnya tetap luar biasa,” ungkapnya.

Menariknya, dalam gelaran Festival Rujak Uleg tahun 2023 ini, diumumkan pula bahwa event tersebut masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara di tahun 2021. Bahkan Rujak Uleg juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Dengan masuknya festival ini dalam KEN 2023, Khofifah berharap Festival Rujag Uleg semakin dikenal baik di tingkat nasional hingga mancanegara. Sehingga dunia semakin mengenal potensi pariwisata di Jawa Timur. Terlebih, seperti diketahui Jawa Timur merupakan penyumbang terbanyak event yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Total terdapat 8 event dari Jatim yang masuk ke dalam KEN 2023, diantaranya adalah; Jember Fashion Carnival, Festival Reyog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmony, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

BACA JUGA : Huawei MatePad 11, Tablet Rasa PC ini Segera Hadir di Indonesia

“Dunia akan melihat Surabaya dengan beragam kelengkapan budaya, beragam kelengkapan kuliner, dan tentunya kehangatan serta kebersahajaan masyarakat Surabaya,” tandas Khofifah.

Halaman selanjutnya: Apresiasi pada jajaran Forkopimda Surabaya….