Reuni Akbar UNESA Ajak Perkuat Kontribusi untuk Negeri

0
22
Reuni Akbar UNESA Ajak Perkuat Kontribusi untuk Negeri
Reuni Akbar UNESA Ajak Perkuat Kontribusi untuk Negeri

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Ribuan alumni Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dari alumni pertama hingga yang baru lulus beberapa waktu lalu, antusias menghadiri Reuni Akbar yang berlangsung di Graha UNESA, Kampus 2 Lidah Wetan Surabaya pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.mengatakan, reuni besar-besaran perdana ini keren dan luar biasa karena seluruh alumni berkumpul.

“Ada yang bernostalgia kembali ke kampus Rumah Para Juara tempat kita sama-sama belajar dan berjuang. Kita juga bertemu dengan teman dan sahabat seperjuangan di almamater ini,” ujarnya.

Kegiatan ini, tambah Cak Hasan (sapaan akrabnya) bukan sebatas reuni, tetapi sekaligus untuk menggambarkan time leap atau perjalanan waktu Unesa dari masa ke masa hingga menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Bukum (PTN-BH) seperti sekarang.

“Sejak awal berdirinya, dulu masih IKIP Surabaya sampai UNESA sekarang adalah bagian yang melekat dari mahasiswa yang kemudian menjadi alumni. Kegiatan ini jadi momentum yang tepat untuk bernostalgia, sekaligus memperkuat komunikasi guna meningkatkan kontribusi untuk negeri,” tambahnya.

Rektor mengajak seluruh jajaran alumni lintas masa untuk tetap menjaga silaturahmi dan hubungan baik yang terjalin selama ini. Rasa kekeluargaan alumni yang terjalin kuat perlu diterjemahkan dalam bentuk kolaborasi yang produktif untuk meningkatkan kontribusi baik bagi lembaga, daerah maupun negara.

BACA JUGA : UNESA Raih Status Kampus Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNESA, Drs. Bambang Dwi Hartono, M.Pd., yang baru sehari sebelumnya terpilih menambahkan, tema “Kontribusi untuk Negeri” selaras dengan tujuan yang ingin diwujudkan ke depan. Dengan reuni ini seluruh alumni bisa saling bertemu untuk memperkuat kontribusi untuk masyarakat dan negara.

“Reuni akbar sebagai wujud untuk menghidupkan alumni dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk UNESA dan masyarakat. Melalui IKA UNESA, alumni dapat berkontribusi menjadi mitra pengembangan lembaga,” ucap Ketua IKA Unesa periode 2024-2029.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd., berharap kegiatan ini dapat digelar secara rutin sehingga makin banyak alumni yang turut berkontribusi baik berupa gagasan maupun dana yang akan diolah menjadi dana abadi untuk pelaksanaan operasional dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa.

Rangkaian acara pada reuni akbar ini termasuk sosialisasi kontribusi IKA UNESA lewat “Bakti IKA UNESA untuk Negeri” dan pemberian penghargaan alumni. Penghargaan diberikan berdasarkan karya dan kontribusi di bidang masing-masing.

BACA JUGA : Wakil Rektor 4 UNESA Bicara Moderasi Beragama dan Ekonomi Syariah dalam FGD UIN Ar-Raniry

Terdapat dua belas kategori alumni penerima penghargaan yaitu 1) Lilik Suhariyati, S.Pd., sebagai pelopor industri kreatif, 2) Wahyu Adji Setiawan, S.E., sebagai tokoh pengusaha muda, 3) Ahmad Abdullah Zawawi, S.Pd., M.Ed., sebagai alumni muda berprestasi, 4) Heri Prasetyo, S.Pd., sebagai tokoh seni budaya, 5) Brigjen Pol  (Purn.) Hj. Rumiah Kartoredjo, S.Pd., sebagai tokoh olahraga, 6) Miseri, M.Pd., sebagai tokoh peduli disabilitas.

Selanjutnya, 7) Dr. Praptono, M.Ed., sebagai tokoh alumni peduli guru, 8) Drs. Muhammad Molik sebagai tokoh kewirausahaan, 9) Dr. Drs. H. Maidi., S.H., M.M., M.Pd, sebagai pelopor inovasi daerah, 10) Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA., sebagai pelopor kebudayaan masyarakat, 11) Dr. H. Fatkul Anam, M.Si., sebagai tokoh pendidikan, dan 12) Drs. Bambang Dwi Hartono, M.Pd, sebagai tokoh pejabat publik. (JM01)