Surabaya Jaga Stok Oksigen Aman tapi Kekurangan Plasma Konvalesen

0
0
Surabaya Jaga Stok Oksigen Aman, tapi Kekurangan Plasma Konvalesen
Surabaya Jaga Stok Oksigen Aman, tapi Kekurangan Plasma Konvalesen

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Surabaya dipastikan memiliki pasokan oksigen dalam tabung di semua rumah sakit di Surabaya. Hal ini ditegaskan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Namun demikian, menurut Cak Ji, panggilan akrabnya, Surabaya masih kekurangan stok plasma darah konvalesen.

Untuk inilahh Cak Ji sengaja memanggil jajaran Industri gas oksigen PT Samator dan PT Aneka Gas, serta PMI Kota Surabaya dan melakukan pertemuan secara virtual, untuk menanyakan langsung kebutuhan untuk menangani pasien Covid-19 yang saat ini banyak membutuhkan oksigen dan plasma darah konvalesen.

Baca juga : KPPU Turut Awasi Pasokan Oksigen dan Obat Covid-19 di Masa PPKM…

“Dari industri produsen oksigen yang hadir dalam Rakor, Pemerintah Kota memastikan pasokan oksigen aman untuk rumah sakit di Kota Surabaya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya pada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Sementara untuk merespons permintaan Palang Merah Indonesia (PMI) terkait plasma konvalesen, Cak Ji memerintahkan Dinas Kesehatan untuk membantu memenuhi, agar terapi melalui plasma konvalesen di Surabaya bisa teratasi juga.

Menurut Cak Ji, penanganan Covid-19 harus dipikul bersama mulai hulu hingga ke hilir, yaitu mulai dari vaksinasi, optimalisasi Satgas Kampung Tangguh, pemakaman, perawatan pasien di rumah sakit hingga kebutuhan oksigen, obat dan plasma darah.

“Penyelesaian ini harus secara menyeluruh dan sistemik, tidak bisa sepenggal. Kita butuh gotong royong dari semua pihak untuk keselamatan warga kota Surabaya,” terang Cak Ji.

Baca juga : Cegah Kluster Hajatan, Emil Dardak Gandeng Kemenag Jatim

Diketahui, hingga 7 Juli 2021, Kota Surabaya masih berstatus zona oranye dalam tingkat risiko penyebaran virus corona. Adapun total kasus yang tercatat selama pandemi sebanyak 25.898. Dari jumlah itu, pasien yang sembuh berjumlah 23.626 orang. (JM01)