Toyota akan Investasi Sebesar Rp 28,28 Triliun untuk Mobil Listrik 

0
5
Toyota akan Investasi Sebesar Rp 28,28 Triliun unuk Mobil Listrik 
Toyota akan Investasi Sebesar Rp 28,28 Triliun unuk Mobil Listrik (ilustrasi)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Toyota, perusahaan raksasa otomotif asal Jepang, mempersiapkan rencana pengembangan dan produksi kendaraan listrik hingga 2025 mendatang.

Asia Region CEO Toyota Motor Corporation, Yoichi Miyazaki mengatakan bahwa ini dilakukan sebagai komitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi, dan mengurangi impor minyak bagi kendaraan bermotor.

“Setidaknya dalam 5 tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia,”. katanya saat mengadakan pertemuan virtual dengan pemerintah Indonesia yang dikutip melalui keterangan pers, Selasa (8/12/2020).

Baca juga : Kebab Baba Rafi Buka Gerai Pertama di India dan Optimis Kuasai…

Teknologi kendaraan Toyota, menurut Yoichi, juga sudah siap untuk mendukung penerapan B30 di Indonesia. Sementara dana yang diinvestasi dalam 5 tahun ke depan adalah sebesar US$2 miliar atau setara Rp 28,28 triliun.

Dalam kesempatan itu, manajemen Toyota juga menyambut baik Omnibus Law Cipta Kerja yang diharapkan dapat memperbaiki iklim investasi dan perluasan lapangan pekerjaan di Indonesia.

“Dalam rencana pengembangan bisnis kami, Toyota mempersiapkan Indonesia menjadi hub ekspor bagi produk Toyota, tidak hanya untuk kawasan Asean namun juga negara tujuan lainnya, sehingga kami benar-benar mempersiapkan rantai pasok dan sumber daya manusia,” tambah Yoichi.

Baca juga : Pemprov Jatim Gandeng Pegiat Medsos Jatim untuk Genjot Potensi Lokal

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja ditargetkan menjadi solusi agar Indonesia dapat keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah atau middle income trap.

Penyerapan tenaga kerja menjadi permasalahan tersendiri untuk Indonesia karena keterbatasan lapangan kerja di dalam negeri. Apalagi Indonesia tengah menghadapi bonus demografi atau peningkatan jumlah penduduk usia produktif.

Baca juga : Vaksin Sinovac Datang, Pemprov Jatim Siapkan 2.404 Vaksinator Covid-19

“Pemerintah menyambut baik rencana investasi yang akan dilakukan oleh Toyota, dengan harapan dapat membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan skill atau keahlian angkatan kerja Indonesia,” tutur Airlangga. (JM01)