12th SATU Indonesia Awards 2021 Ajak Generasi Muda Manfaatkan Teknologi Sebagai Solusi

0
25
12th SATU Indonesia Awards 2021 Ajak Generasi Muda Manfaatkan Teknologi Sebagai Solusi
12th SATU Indonesia Awards 2021 Ajak Generasi Muda Manfaatkan Teknologi Sebagai Solusi

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Di tengah keterbatasan mobilitas akibat pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak tahun lalu, teknologi mampu hadir sebagai jembatan penghubung antarmanusia untuk berkegiatan tanpa mengenal jarak dan waktu.

Saat berbagai kegiatan tatap muka terpaksa harus berubah menjadi kegiatan tatap layar, tak sedikit yang merasa kaget dan belum siap menghadapi perubahan kondisi ini. Terlebih, transformasi mobilitas ini terjadi dengan sangat cepat dan menuntut siapapun dapat beradaptasi.

Untuk itu, di tengah tantangan yang ada selalu dibutuhkan secercah asa dari seseorang yang mampu bergerak membawa perubahan dan berkontribusi nyata bagi sekitarnya. Sosok itu adalah Galih Suci Pratama, salah satu penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards tahun 2020 kategori khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi.

Pada hari ini (28/5), Galih hadir sebagai salah satu pembicara dalam Inspiranation with 12th SATU Indonesia Awards 2021 bertema “Dampak Positif Penggunaan Teknologi” yang diadakan oleh Astra secara virtual berkolaborasi dengan Young On Top.

Baca juga : BNI Gelar UMKM Heroes untuk Tingkatkan Promosi Produk Lokal

Turut hadir juga narasumber Vidi Aldiano, penyanyi sekaligus content creator, dan Onno W. Purbo, pakar teknologi informasi yang juga merupakan juri 12th SATU Indonesia Awards 2021 serta Sarah Sechan sebagai host.

Para narasumber membahas berbagai cara pemanfaatan teknologi sebagai solusi dan menjadi harapan dari berbagai tantangan yang muncul pada masa ini, salah satunya melalui penggunaan platform YouTube.

“Mulai tahun lalu, sejak kita harus berkarya dari rumah saya merasa YouTube channel saya perlu dimaksimalkan lagi. Jadi, saya putuskan untuk membuat my own show yang ada faedahnya. Makanya saya bikin program yang edutainment karena disitu ada edukasi, main game, dan berbagi informasi juga, tapi tetap menghibur at the same time,” ujar Vidi yang belakangan fokus mengembangkan program Vidi-O-Game di kanal YouTube-nya.

Baca juga : BEI Resmikan Galeri Investasi di STIE Al Anwar Mojokerto 

Sebagai salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 kategori khusus, Galih juga menginisiasi pembuatan kanal YouTube Pembelajaran sekolah dasar di Kota Semarang untuk menjawab tantangan yang dihadapi para guru dalam mengajar melalui metode daring.

Saat awal pandemi tahun lalu, dia melihat ada ketidaksiapan sistem pengajaran oleh guruguru karena saat itu para guru lebih banyak memberikan soal daripada menyampaikan materi ajar kepada murid. Hal itu dikhawatirkan Galih dapat membuat murid-murid mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran dan lebih jauh lagi menjadi stres karena mendapatkan berbagai tugas setiap hari dari para gurunya.

Halaman selanjutnya: Putar Otak Atasi Masalah Pembelajaran