BNI Gelar UMKM Heroes untuk Tingkatkan Promosi Produk Lokal

0
21
BNI Gelar UMKM Heroes untuk Tingkatkan Promosi Produk Lokal
BNI Gelar UMKM Heroes untuk Tingkatkan Promosi Produk Lokal

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – BNI atau PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. berupaya untuk mendorong para pendukung atau pemerhati UMKM mempromosikan produk lokal dengan menggelar UMKM Heroes.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal menuturkan bahwa gelaran UMKM Heroes yang diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM agar lebih berani tampil ini, adalah bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 perseroan.

Masing-masing UMKM yang menjadi pemenang, lanjut Iqbal, akan memperoleh uang tunai, pendampingan dan pelatihan kepada UMKM, kesempatan untuk memperoleh akses pasar baik dalam dan luar negeri serta pembekalan onboarding di platform-platform e-commerce nasional dan internasional yang telah bekerja sama dengan BNI.

“UMKM Heroes juga disiapkan untuk merangsang munculnya banyak wirausaha muda produktif dan konsisten meningkatkan nilai tambah, serta berinovasi tanpa henti untuk berjaya di pasar lokal dan sukses di pasar global atau mampu mengekspor,” ujar Iqbal lewat keterangan resmi, Jumat (28/5/2021).

Iqbal juga menambahkan bahwa UMKM Heroes sebagai program apresiasi bagi UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya dengan kreativitas dan inovasi, serta sukses mengangkat nilai-nilai positif yang tumbuh di masyarakat sekitarnya ini, juga selaras dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca juga : Mahasiwa ITS Gagas I-Mask untuk Minimalisir Penularan Covid-19

Dengan kata lain, UMKM yang inspiratif bukanlah pelaku usaha yang hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, namun juga masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Karena itu apresiasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya untuk terus semangat dan pantang menyerah dalam berinovasi mengembangkan usaha ditengah situasi pandemi yang tidak mudah.

Melalui tema #LompatLebihTinggi, BNI mencari UMKM yang memiliki semangat yang sama untuk berkembang bersama BNI dengan dukungan akses permodalan serta jaringan pemasaran dalam negeri hingga mancanegara melalui Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) di kota besar dunia seperti New York, London, Tokyo, Seoul, Hongkong & Singapura.

BNI, lanjut Iqbal, senantiasa berkomitmen mendorong dan menjadi mitra bisnis bagi pelaku usaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya hingga ke pasar global melalui business forum dan bisnis matching serta memberikan akses transaksi perdagangan internasional dengan skema khusus bagi debitur tanah air.

Baca juga : OVO Gandeng Tiket.com Beri Kemudahan Staycation di Era New Normal

“Melalui BNI UMKM Heroes, kami ingin menemukan UMKM – UMKM Unggulan Nusantara yang siap berkembang dan melompat lebih tinggi bersama jaringan dan ekosistem bisnis BNI sekaligus menjadi panggung apresiasi & inspirasi nasional bagi UMKM – UMKM lokal yang inspiratif yang telah memberikan dampak nyata & positif bagi lingkungan di sekitarnya,” kata Iqbal.

Adapun, kriteria UMKM yang didaftarkan adalah yang kreatif, inovatif, inspiratif, unik dan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat. Contohnya UMKM tersebut telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berdampak bagi perekonomian.

Selain itu terdapat kriteria lain yaitu UMKM harus merupakan WNI, usaha telah berjalan minimal 6 bulan, merupakan producer/creator asli produk dan merupakan usaha dengan kategori F&B, Fashion, Craft, Industri Kreatif dan Digital Business.

Baca juga : Pemkot Surabaya Keluarkan SE Bagi Perusahaan Untuk melakukan Tes Swab PCR…

Pendaftaran dapat dilakukan melalui 2 cara, yakni pendaftaran oleh pihak yang mengusulkan mitra UMKM serta pendaftaran oleh pemilik UMKM tersebut. Untuk update informasi, kunjungi dan follow official sosial media UMKM Heroes melalui instagram @umkmheroes.id. (JM01)