Agus : Mobile JKN Sangat Membantu untuk Pindah Faskes dan Cetak Kartu

0
8
Agus : Mobile JKN Sangat Membantu untuk Pindah Faskes dan Cetak Kartu
Agus : Mobile JKN Sangat Membantu untuk Pindah Faskes dan Cetak Kartu

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Terdaftar pada fasiltas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang kurang maksimal dalam pelayanan maupun jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal, tentu membuat ketidaknyamanan.

Hal ini pula yang terjadi pada Agus Juliono (28) warga Jombang yang berdomisili di Gubeng Klingsingan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Awalnya, pria yang bekerja sebagai tenaga keamanan di PT Bumi Daya Plaza (BDP) Surabaya tersebut mengalami sakit dan berobat di Puskesmas Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, karena itu adalah FKTP yang terdaftar di kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dimilikinya.

“Setelah berobat di Puskesmas sesuai yang tertera di kartu BPJS, saya merasa lebih jauh dan kurang nyaman. Akhirnya saya mencoba mencari informasi tentang bagaimana bisa mendapatkan layanan di puskesmas terdekat, tapi tetap bisa pakai kartu BPJS saya,” terang Agus.

Setelah mendapat informasi dari temannya soal Mobile JKN dan jugaa browsing di internet, Agus memutuskan untuk mendowload dan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Baca juga : Leli : Antrian Online Mobile JKN Sangat Membantu dan Memudahkan Berobat

“Ternyata di Mobile JKN cukup lengkap layanannya. Dan salah satunya adalah yang saya butuhkan yaitu bisa pindah FKTP dari Puskesmas Jombang ke Klinik atau dokter perseorangan terdekat,” tambahnya.

Ternyata, tambah Agus, dengan aplikasi ini melakukan perpindahan fasilitas kesehatan (faskes) sangat mudah dan cepat.

“Saya tidak menyangka ternyata untuk pindah faskes ke tempat yang lebih dekat sangat mudah dan cepat. Apalagi saya gak perlu buang waktu untuk ke kantor BPJS Kesehatan untuk ngurusnya,” jelas Agus.

Kartu BPJS Hilang Bisa Cetak Lewat Mobile JKN

Agus yang memiliki hobi berenang dan bernyanyi ini juga menceritakan bahwa Mobil JKN ternyata juga menjadi solusi dari kartu BPJS-nya yang sempat hilang.

Baca juga : Ditutup, CMSE 2021 Capai Lebih 3 Juta Investor Saham

“Kartu kepesertaan BPJS Kesehatan saya pernah hilang. Ternyata dengan memiliki aplikasi Mobile JKN, saya bisa cetak kartu BPJS dengan mudah dan tidak harus melapor ke pihak kepolisian atau ke kantor BPJS Kesehatan,” lanjutnya.

Adapun caranya menurut Agus, cukup buka aplikasi Mobile JKN, lalu buka kanal tanda kotak dibawah sendiri.

”Di aplikasi ini terdapat gambar kotak dibawah sendiri, setelahnya klik dan kelihatan kartu JKN elektronik. Lalu kita bisa mengunduhnya dengan klik dan simpan ke email yang aktif. Kemudian secara otomatis email akan menerima kartu JKN-KIS dalam bentuk pdf. Tinggal diunduh dan print,” terang Agus sambil menambahkan bahwa ia sudah melakukan itu dan kemudaian melaminatingnya.

Mengalami berbagai kemudahan yang bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN selama ini, Agus merasa keberadaan aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan sangat membantu. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini.

Baca juga : Syukuran 76 Tahun Provinsi Jatim, Gubernur Khofifah Bagi-Bagi Ratusan Paket Sembako

“Saya bersyukur BPJS punya aplikasi Mobile JKN yang sangat memudahkan saya mengurus banyak hal terkait pelayanan kesehatan. Termasuk saya tidak perlu bolak-balik ke kantor BPJS kalau ada masalah. Dan yang penting, ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja,” pungkas Agus. (JM01)