Andalkan BPJS Kesehatan, Biaya Operasi Caesar Yuliana Gratis

0
6
Andalkan BPJS Kesehatan, Biaya Operasi Caesar Yuliana Gratis
Yuliana Siti Saputri (27) Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) BPJS Kesehatan

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Menjalani persalinan, apalagi harus operasi caesar, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan bagi masyarakat kebanyakan, hal ini tentu menjadi pertimbangan yang cukup berat.

Namun bila semua biaya persalinan ini bisa tanpa biaya alias gratis, tentu menjadi dambaan semua orang, Ini pula yang dirasakan warga Surabaya, Yuliana Siti Saputri (27)..

Yuliana sebagai ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta mandiri kelas 3 disegmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) BPJS Kesehatan, menuturkan bagaimana beruntungnya dia karena menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), karena biaya operaasi caesar-nya benar-benar tanpa biaya.

“Saya bersyukur karena jadi peserta JKN-KIS. Jadinya semua biaya persalinan saya secara caesar semuanya gratis,” ujarnya

Ia kemudian mulai menceritakan pengalamannya ketika menjalani proses persalinan mulai dari berobat ke faskes tingkat pertama hingga selesai operasi caesar menggunakan fasiltas BPJS Kesehatan.

“Sejak saya hamil, saya selalu memanfaatkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama (FKTP) di Puskesmas Tenggilis Surabaya untuk memeriksakan kehamilan saya. Dan kartu KIS saya ini selalu menjadi pendamping setia saya,” ujarnya sambil menunjukkan kartu BPJS Kesehatannya.

Baca juga : Ali : Hidup Mati Saya Bergantung pada BPJS Kesehatan

Dijelaskan, persalinan putra pertama Yuliana, lahir secara operasi Caesar di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya pada tahun 2019 lalu, dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

”Setelah saya melahirkan, suami saya pun mengurus kartu BPJS kesehatan buat anak saya. Dan itu tidak memakan waktu sehari mengurusnya, kartu bayi langsung jadi, dan sudah bisa langsung digunakan,” terang Yuliana.

Semua biaya operasi caesar, biaya rawat inap dan biaya rawat jalan ini, lanjut Yuliana, tidak mengeluarkan biaya sama sekali, alias gratis karena menggunakan kartu KIS.

”Secara keseluruhan, semua biaya gratis dan dijamin mulai kontrol di puskesmas, biaya rawat inap di rumah sakit juga biaya operasinya,” lanjutnya.

Baca juga : Kawal Penanganan Bencana Erupsi Semeru, Gubernur Khofifah Berkantor di Lumajang

Sedang mengenai pelayanan kamar dan pelayanan petugas tenaga kesehatan, Yuliana menerangkan bahwa semuanya baik dan cepat. bahkan pelayanan yang diterimanya membuat Yuliana merasa nyaman.

“Kamar rawat inap juga baik, sesuai dengan kelas kepesertaan saya di kelas III, sesuai dengan kelas BPJS yang saya punya. Petugas medisnya, baik perawat, bidan juga dokternya, semuanya melayani saya dengan ramah dan gak ada perbedaan, meski saya peserta BPJS Kesehatan,” jelas Yuliana.

Pihak rumah sakit, lanjutnya, juga tidak pernah meminta biaya tambahan apapun.

”Jadi bisa dibilang biaya saya, nol rupiah,” lanjutnya.

Baca juga : Alfamidi Bersama Pengelola Donasi Konsumen Bantu Erupsi Semeru

Secara pribadi, Yuliana mengatakan sangat puas atas pelayanan yang diberikan. Dan berharap ini bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan lagi.

”Semoga pelayanan yang dijamin BPJS Kesehatan yang sudah baik ini, bisa dipertahankan dan syukur-syukur bisa jadi lebih baik lagi,” pungkas Yuliana. (JM01)