Bank Indonesia Kembali Gelar Smart Challenge 2021

0
7
Bank Indonesia Kembali Gelar Smart Challenge 2021
Bank Indonesia Kembali Gelar Smart Challenge 2021

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sebagai komitmen Bank Indonesia dalam mewujudkan generasi calon penerus bangsa yang cerdas, aktif, kreatif, dan inovatif, pada tanggal 2 Desember 2021 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kompetisi Bank Indonesia Smart Challenge (BISC) 2021 dengan mengusung tema The Impressive Young Economist for A Better Future.

Kompetisi tahunan yang diperuntukkan bagi siswa/i SMA sederajat di wilayah Jawa Timur ini, merupakan inisiasi Bank Indonesia dengan menggandeng Generasi Baru Indonesia (GenBI) Korkom Surabaya Madura sebagai perwujudan optimalisasi potensi serta peningkatan pengetahuan para generasi muda mengenai kebanksentralan, makro ekonomi, ekonomi syariah, akuntansi, dan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR).

Kompetisi BISC 2021 yang diselenggarakan di Hotel Vasa Surabaya dan merupakan penyelenggaraan tahun ke-6 ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPwBI Provinsi Jawa Timur, Dadal Angkoro.

Dalam sambutannya, Dadal menyampaikan bahwa pelaksanaan kompetisi BISC secara tahunan ini merupakan salah satu bentuk upaya Bank Indonesia melalui GenBI untuk menjadikan generasi muda Indonesia sebagai generasi yang kompeten dan proaktif.

Baca juga : Ini Panduan Pencegahan COVID-19 dari Kemenag saat Perayaan Natal 2021

“Selain itu, penyelenggaraan BISC juga diharapkan jadi sarana bagi GenBI yang mengemban peran initiate, act, share, dan inspire untuk dapat mengaktualisasi kreativitas dan inovasinya dalam rangka mendorong generasi selanjutnya untuk memahami fungsi dan tugas Bank Indonesia,” tambah Dadal.

Tahap pelaksanaan kompetisi cerdas cermat BISC 2021 terdiri dari 3 (tiga) babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Pada babak penyisihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021, sebanyak 51 regu delegasi melakukan pengerjaan soal secara daring. Berdasarkan hasil pengerjaan tersebut, terpilih 12 delegasi terbaik untuk mengikuti babak semifinal yang terbagi menjadi tiga ronde dan dilangsungkan secara luring.

Dari tahapan babak final, terpilih 3 (tiga) pemenang yang berasal dari SMK N 1 Malang sebagai Juara 1, SMA Kristen Petra 3 Surabaya sebagai Juara 2, dan SMA N 1 Cerme Gresik sebagai Juara 3.

Selain kompetisi cerdas cermat, rangkaian BISC 2021 juga meliputi TikTok Challenge, serta GenBI Mengajar dan Technical Meeting BISC 2021 yang turut memeriahkan road to BISC 2021.

Baca juga : Biaya RT-PCR Tak Boleh Lebioh Tinggi dari SE Kemenkes

Bank Indonesia mengharapkan ajang BISC yang dilaksanakan secara tahunan ini dapat melatih dan menumbuhkan semangat kompetitif sekaligus meningkatkan pemahaman pengetahuan kebanksentralan bagi para siswa/i yang pada akhirnya dapat menghasilkan generasi penerus yang cerdas, aktif, kreatif, dan inovatif. (JM01)