Betsy: Surabaya UHC Alur Pelayanan Tetap Mengacu Program JKN

0
22
Betsy: Surabaya UHC Alur Pelayanan Tetap Mengacu Program JKN
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Betsy M. O. Roeroe

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – UHC (Universal Health Coverage) atau jaminan kesehatan semesta (JKS) memang telah dicapai oleh Kota Surabaya, karena dari 2,9 juta penduduk surabaya, sudah lebih dari 95 persen memiliki jaminan kesehatan. Tercatat hingga April 2021, sudah 96,48 persen masyarakat Surabaya memiliki jaminan kesehatan.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beberapa waktu lalu yang memastikan bahwa warga surabaya berhak mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, baik yang sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun yang belum.

“Untuk masyarakat yang belum tercover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau menjadi peserta JKN, bisa tetap berobat gratis hanya dengan menunjuukkan KTP Surabaya,” ujar Eri.

Dan untuk memastikan masyarakat Surabaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, pemerintah kota Surabaya juga menerjunkan 50 orang petugas untuk membantu pelayanan masyarakat yang disebar di rumah sakit (RS) dan klinik se Surabaya yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Baca juga : Balad Kopi Optimis Mampu Bersaing dengan Merk Kopi yang Sudah Eksis

Petugas yang dikirimkan itu, terang Eri, bertujuan membantu rumah sakit dalam mensosialisasikan program JKS yang menjadi bagian dari program JKN. Selain itu, apabila dalam pelaksanaan penginputan data warga mengalami kendala teknis, maka petugas Dinkes akan mengatasi permasalahan tersebut.

“Ketika ada beberapa RS yang sedikit mengalami kendala pada aplikasi, maka kepala Dinkes langsung menempatkan petugas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan termasuk klinik,” tambah Wali Kota Eri Cahyadi.

Masih menurut Eri, hal ini dilakukan agar tidak ada kendala ketika pasien datang untuk mendaftarkan diri dengan hanya membawa KTP saja, dan para petugas langsung meng-entry data pasien ke dalam aplikasi Cek Kependudukan Disdukcapil Surabaya dan Edabu Jamkesda BPJS Kesehatan

Baca juga : Tahun Ini Harga Hunian di Australia akan Naik Sebesar 17%. Ini…

“Jadi kalau ada trouble langsung dicover teman-teman Dinkes. Ini namanya penyempurnaan, sehingga tidak ada warga yang bolak-balik. Kita coba terus sempurnakan fasilitas ini,” tambahnya.

Halaman selanjutnya: Sementara Kepala BPJS Kesehatan…