BI Resmi Luncurkan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Bawa Rp 7,7 Milyar

0
25
BI Resmi Luncurkan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Bawa Rp 7,7 Milyar
BI Resmi Luncurkan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Bawa Rp 7,7 Milyar

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) secara resmi melepas team Ekspedisi Rupaih Berdaulat (ERB) 2023, yang akan menjangkau wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil) dengan menyasar pada 5 Pulau yakni, Pulau Pagerungan Besar, Pulau Pagerungan Kecil, Pulau Tanjung Kiaok, Pulau Raas, dan Pulau Gili Ginting.

Tim Ekspedisi Rupiah kali ini akan mendistribusikan uang tunai sebanyak Rp 7,7 miliar dalam bentuk pecahana kecil, untuk masyarakat yang akan menukarkan uang lusuh dan rusak mereka dengan uang baru (layak edar).

Pelepasan team ERB sendiri dilakukan Kepala KPw BI Jatim Doddy Zulverdi, didampingi Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI, Yayan Sofyan,dan Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, di Komando Armada (Koarmada) II,TNI AL, Surabaya.

Doddy Zulverdi mengatakan, KPw BI Jatim bersama Stakeholder terus berupaya untuk menjaga pemulihan ekonomi Nasional yang ada di wilayah Jawa Timur. Dan salah satunya melalui Ekspedisi Rupaih Berdaulat yang didukung TNI AL.

”Kami tentu saja berharap sinergi kerjasama ini dapat terus kita jalankan secara terus menerus dan berkesinambungan,” kata Doddy saat akan melepas keberangkatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 di Armada II TNI AL,Surabaya, Sabtu (7/10/2023).

Doddy menambahkan, secara konsisten Bank Indonesia terus berupaya menjaga kualitas uang rupiah dengan melakukan penarikan uang lusuh dan uang tidak layak edar yang ada di Kepulauan 3T dan menggantikan dengan uang baru (Clean Money policy).

“Salah satu yang kita lakukan adalah dengan menggunakan layanan kas keliling sebagai penukaran uang lusuh, khususnya bagi daerah-daerah terpencil yang belum memiliki kantor cabang bank,” tambahnya.

BACA JUGA : Pedili Uang Koin, BI Jatim Gelar Kampanye Peduli Uang Koin

Doddy mengungkapkan, bahwa di Jawa Timur terdapat 508 Pulau. Dan pulau Madura merupahkan kepulauan terbesar disamping ada kepulauan di wilayah Bawean. Untuk bisa menjangkau daerah tersebut, BI bekerjasama dengan Perbankan yang memiliki jaringan luas serta dukungan dari TNI AL yang juga bisa menjangkau akses wilayah NKRI, termasuk wilayah Terluar dan daerah keterbatasan.

Halaman selanjutnya: Bagi KPw BI Jatim…..