Dosen ITTelkom Surabaya Raih Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2023

0
97
Dosen ITTelkom Surabaya Raih Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2023
Dosen ITTelkom Surabaya Raih Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2023

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Dosen ITTelkom Surabaya, Anfazul Faridatul Azizah, S.Kom., M.Kom meraih Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia (PII) 2023 yang diadakan oleh Kementrian Industri RI, Jakarta. Sebagai dosen, Ketua bidang IT IPEMI Jawa Timur sekaligus mahasiswi Ilmu Komputer ITS ini diberikan penghargaan berdasarkan kontribusinya di masyarakat. Hadir dan membuka acara anugerah PII Menteri Perindustrian RI bapak Agus Gumiwang Kartasasmita.

Aan panggilan akrabnya sudah terbiasa mengikuti kompetisi Duta dan Modelling sejak remaja, di antaranya; Duta Difabel Jawa Timur 2019, Pemuda Pelopor Dispora 2019, Runner Up 1 dan Favorit Duta Muslimah Preneur Jawa Timur 2022.

“Tahun 2022 saya menjadi wakil Jawa Timur di tingkat Nasional – Duta Muslimah Preneur. Terhitung ada 10 gelar duta yang pernah saya raih.” katanya.

Bertepatan tugas sebagai dosen ada 3 yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Anfazul berfokus membantu anak anak difabel dalam berbagai hal.

“Semuanya saya praktekkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan juga topik disertasi S3 yang saat ini dijalani terkait peningkatan interaksi anak autis.” kata Aan.

Pecinta hobi membaca, menulis dan berenang. tahun 2020 bersama Rektor ITTelkom Surabaya, Prof. Dr. Tri Arief Sardjono, S.T.,M.T berkolaborasi Motorola Foundation, dan ITS Surabaya melakukan pengabdian masyarakat yang berjudul Workshop on Using Braille Embosser and Text Editor Software For Blind and Visual Impairment Students.

BACA JUGA : ITTelkom Surabaya Dorong Inovasi Pendidikan Matematika Melalui Pelatihan Software MathCAD

“Kami membantu mensosialisasikan penggunaan komputer dengan bantuan suara yang di khusukan untuk membantu anak anak tunanetra.” kata Aan kembali

Selanjutnya di tahun yang sama, di saat covid maka anfazul menciptakan masker khusus untuk tunarungu. Dimana masker tersebut mempunyai mika di bagian tengah, tembus pandang,sehingga anak anak tunarungu tetap bisa berkomunikasi menggunakkan bahasa isyarat dan gerakan bibir meski menggunakkan masker.

Selaku Rektor ITTelkom Surabaya, Prof. Dr. Tri Arief Sardjono, S.T.,M.T bangga mempunyai dosen yang sangat berprestasi.

“Si Aan itu juga pernah membuat inovasi pembuatan absensi khusus terapis dan anak autis di yayasan AGCA Center dalam tugas pengabdian masyarakat sebagai dosen. Hal itu bertujuan agar memudahkan terapis dalam melakukan input absensi tanpa harus khawatir sambil mengawasi gerak anak didik.” kata Arief Sardjono menambahkan.

BACA JUGA : Institut Teknologi Telkom Surabaya Gelar Pelatihan ChatGPT

Pada acara anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia banyak sekali tokoh pejabat publik yang juga mendapat penghargaan yang sama, di antara nya Yuni Setyawati, S.pd., M.Pd Walikota Madiun Jawa Timur, Elvi Rofiqatul Hidayah, SE., MM sebagai Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian, Fajriyah Usma sebagai Vice President CSR dan SMEPP PT Pertamina, Prof. R. Siti Zuhro, MA, PhD sebagai Peneliti Utama Politik BRIN ( Badan Riset dan Inovasi Nasional ), Hendri Saparini mantan Komisaris Utama PT Telkom, Endang Setyawati Thohari anggota DPR RI dan Triana Agustin –  Kepala Lapas Perempuan IIIB Jambi.

“Total ada 47 perempuan hebat terpilih secara ketat dari seluruh Indonesia yang telah mendapatkan Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2023,” pungkas Aan. (JM01)