PKM Dosen FIKK UNESA Sosialisasikan Semangat Berolahraga di MAN 1 Probolinggo

0
23
PKM Dosen FIKK UNESA Sosialisasikan Semangat Berolahraga di MAN 1 Probolinggo
PKM Dosen FIKK UNESA Sosialisasikan Semangat Berolahraga di MAN 1 Probolinggo

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya melakukan PKM dengan membawakan sosialisasi semangat berolahraga di MAN 1 Probolinggo. Kegiatan yang berlangsung selama November 2023 itu diisi oleh tiga dosen yakni Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., Erta, S.E., M.M., dan Herma Retno Prabayanti, S.E., M.Med.Kom.

Dalam serangkaian kegiatan PKM itu, salah satunya dilakukan sosialisasi terkait cabang olahraga baru yang akhir-akhir ini mulai naik daun, yakni Petanque. Petanque merupakan olahraga yang baru dikenal oleh masyarakat, jadi perlu berbagai  macam bentuk dan metode untuk mengenalkan olahraga tersebut secara menyeluruh.

Dan MAN 1 Probolinggo merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah di Jawa Timur yang masih kurang informasi akan olahraga petanque, hal ini tentu menghambat prestasi olahraga petanque di sekolah tingkat atas. Sehingga kegiatan PKM yang dilakukan tim pengabdian UNESA di MAN 1 Probolinggo diberlakukan sebuah metode yang mencakup ceramah, demonstrasi dan drill, disamping itu juga diadakan simulasi pertandingan petanque.

BACA JUGA : Sambut Benchmarking UNS, Direktur Labschool UNESA Paparkan Strategi Tata Kelola dan Transformasi Sekolah

Pengenalan petanque dalam kegiatan sosialisasi diwujudkan melalui sesi interaktif yang melibatkan peserta secara langsung. Para peserta kemudian diajak untuk memahami aturan dasar, teknik melempar yang benar, dan strategi permainan. Setelahnya, mereka akan diberikan kesempatan untuk berlatih dalam pertandingan-pertandingan yang berlangsung dalam suasana kompetitif yang ramah.

Dengan memasukkan petanque dalam program sosialisasi, Tim PKM berharap dapat menghadirkan pengalaman baru dan menginspirasi partisipasi aktif dalam berolahraga di kalangan siswa dan warga sekolah MAN 1 Probolinggo.

Sementara hasil dari pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan siswa tentang olahraga petanque, di samping itu dengan peningkatan sarana dan prasarana akan berdampak pada prestasi olahraga siswa MAN 1 Probolinggo. (Adv/JM01)