DPRD Kota Surabaya Apresiasi Langkah Pemkot Terus Kembangkan SWK

0
15
DPRD Kota Surabaya Apresiasi Langkah Pemkot Terus Kembangkan SWK
DPRD Kota Surabaya Apresiasi Langkah Pemkot Terus Kembangkan SWK

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Keberadaan sentra wisata kuliner (SWK) yang merupakan pusat penjual makanan dan minuman yang semula adalah para pedagang kaki lima (PKL) di wilayah tertentu, diyakini Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno, akan terus dihidupkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya

“Pemkot tidak boleh kurang akal dan kreativitas untuk merealisasikan program agar SWK makin hidup dan terus menjadi sentra ekonomi warga. Kami apresiasi Pemkot yang dengan terobosannya ingin terus menghidupkan SWK,” katanya, Senin (13/11/2023).

Anas Karno menyampaikan, tidak hanya upaya meramaikan SWK, namun juga menjamin kualitas makanan dan jaminan kesehatan barang dagangan.

“Ini demi menjamin keamanan makanan yang dijual di SWK,” tambah Anas.

Saat ini diberlakukan penempelan stiker Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di setiap lapak SWK. Setiap makanan kemasan yang dijual kini juga sudah diuji oleh BPOM dan bersertifikasi halal.

Langkah Pemkot ini, menurut Anas, adalah terobosan dan harus didukung. Dan Komisi B menilai bahwa upaya tersebut sebagai sebuah akselerasi dalam menghidupkan SWK.

“Selama ini keberadaan SWK belum sesuai harapan dan masih sepi peminat. Hanya ada beberapa SWK yang memang ramai,” tambahnya.

Menurutnya, label halal dan stiker BBPOM merupakan langkah akselerasi di tengah lesunya SWK-SWK di Surabaya. Diharapkan, langkah ini bisa simultan dan bisa menyasar seluruh pedagang yang berjualan di seluruh SWK di Surabaya.

BACA JUGA : Pimpinan DPRD Surabaya Ajak Semua Elemen Doakan Palestina

Label halal hingga stiker BBPOM diharapkan bisa menyasar setiap SWK. Selain memberi jaminan aman akan makanan ,juga mendorong pedagang makanan untuk memenuhi standar gizi dan keamanan makanan. Pengunjung tidak merasa khawatir dan canggung jika berwisata kuliner ke SWK.

“Semoga bisa mendongkrak jumlah kunjungan, karena pembenahan fisik SWK sudah dilakukan, kemudian ditambah dengan jaminan makanan yang sehat. Harus terus tanpa putus asa menghidupkan SWK,” kata Anas.

Sementara Pemkot Surabaya bersama BBPOM Kota Surabaya menggelar sosialisasi dan pengecekan sampel makanan terhadap 100 pedagang Sentra Wisata Kuliner (SWK). Sosialiasi di Gedung Siola ini dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Sosialisasi bertajuk Jatim Truly (Jawa Timur Trusted Culinary) ini, diikuti ratusan pedagang dari empat SWK di Kota Surabaya. Di antaranya ada SWK Dharmahusada, Embong Sawo, Kapas Krampung, dan Urip Sumoharjo. Masing-masing pedagang dari empat SWK tersebut, juga membawa sampel makanan untuk dilakukan pengujian langsung.

BACA JUGA : DPRD Surabaya dan Pemkot Sahkan APBD di Hari Pahlawan

“Ayo makan di SWK yang aman dan tidak mengandung zat makanan macam-macam. Nanti saya juga minta sertifikat halal yang dikeluarkan Dinas Koperasi untuk membantu teman-teman UMKM,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi. (Adv/JM01)