DPRD Kota Surabaya Imbau Semua Pihak Gotong Royong di Momen Krusial Hadapi 2024

0
8
DPRD Kota Surabaya Imbau Semua Pihak Gotong Royong di Momen Krusial Hadapi 2024
Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Menghadapi momen krusial menjelang akhir tahun, dimana selain ada perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), serta momen masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mendapat perhatian Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono.

Selain mengingatkan semua pihak, terutama pemkot, dalam mempersiapkan segi ekonomi, anggaran, dan lainnya. Serta mengantisipasi mobilitas penduduk yang diperkirakan bakal meningkat tajam karena momen Natal dan Tahun Baru, Adi Sutarwijono berharap agar harga bahan-bahan pokok tetap terkendali. Juga masalah keamanan harus tetap dijaga, terlebih di tengah kegembiraan dan kebahagiaan warga di momen Nataru.

“Tentu saya berharap, selain masalah keamanan yang harus tetap dijaga. Pemkot juga harus tetap bisa menjaga harga bahan-bahan pokok agar tetap terkendali, mengingat ada dua perayaan besar di akhir tahun ini yaitu momen Nataru,” terangnya melalui siaran pers yang diterima jatimmedia.com, Jumat (1/12/2023).

Di sisi lain, Awi (panggilan akrab Adi Sutarwijono) menegaskan bahwa memasuki bulan Desember, Pemkot Surabaya juga harus memaksimalkan penyerapan anggaran untuk menuntaskan berbagai program pembangunan. Hal itu untuk memastikan kebutuhan masyarakat terlayani dengan baik. Terutama yang berkaitan dengan berbagai aspirasi pembangunan.

“DPRD Kota Surabaya sendiri, bakal memaksimalkan kewenangan konstitusionalnya untuk terus memantau dan mengawasi berbagai dinamika masyarakat dan pembangunan di akhir tahun. Salah satunya, memfasilitasi kampanye Pemilu 2024 dengan baik.

BACA JUGA : Anggota DPRD Surabaya Kecam Aksi Brutal Buruh yang Keroyok Dua Anggota Satpol PP

Awi juga menyampaikan bahwa aparatur pemerintah dan penyelenggara Pemilu harus bertindak profesional dan berintegritas dalam mempersiapkan Pemilu 2024, agar semuanya berjalan dengan lancar dan damai.

“Semua peserta Pemilu 2024 harus diperlakukan sama dan setara. Mereka harus diayomi dan difasilitasi agar menghindarkan dari melakukan pelanggaran. Namun apabila memang ada yang melakukan pelanggaran, mereka harus ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku,” tegas Awi.

Awi mengaku sangat menaruh perhatian serius pada pelaksanaan Pemilu 2024 yang taat terhadap asas langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil (Luber dan Jurdil). Sebab menurutnya, Pemilu akan menentukan para legislator terpilih dan para pemimpin yang terbaik dalam mengemban amanat rakyat.

”Kita berharap masa kampanye dimanfaatkan para partai politik, calon-calon legislatif, calon presiden-calon wakil presiden dengan baik untuk sosialisasi pemikiran, gagasan dan program-program di masyarakat. Dan, warga masyarakat pun dapat menyerap kontestasi dengan gembira, dengan mengenal lebih dekat dan mendalam terhadap calon-calon yang akan dipilih,” tutur Awi.

BACA JUGA : Komisi C DPRD Kota Surabaya Minta DSDABM Serius Tangani Proyek Pencegahan Banjir

Surabaya, tambah Awi, juga harus semakin menguatkan kerukunan, keguyuban, dan gotong royong di antara warga masyarakat yang selama ini telah terjaga dengan baik. Karena gotong royong itu menjadi modal kuat dan mendasar bagi warga kota ini dalam melewati masa-masa sulit seperti saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Tentu dengan menguatkan kerukunan, keguyuban, dan gotong royong di antara warga masyarakat, maka momen krusial Nataru dan masa kampanye dapat kita lewati dengan baik,” pungkasnya. (Adv/JM01)