Festival Kreatif IDEAFEST 2020 Hadirkan Pengalaman Baru dan Inspirasi untuk Restart

0
10
Festival Kreatif IDEAFEST 2020 Hadirkan Pengalaman Baru dan Inspirasi untuk Restart
Festival Kreatif IDEAFEST 2020 Hadirkan Pengalaman Baru dan Inspirasi untuk Restart

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Digelar untuk kedelapan kalinya, IDEAFEST, festival kreatif terbesar di Indonesia, kembali kan digelar pada 13-15 November 2020, dengan menghadirkan sederet profil inspiratif dari berbagai bidang kreatif lintas industri.

Dilakukan secara virtual, IDEAFEST mempersembahkan 6 program utama yaitu Conference, Ideatalks, Experiential Expo, Music, IdeaSpark Forum, dan F&B. Keseluruhan rangkaian acara dapat disaksikan melalui www.ideafest.id atau platform streaming Vidio.

IDEAFEST 2020 kali ini mengusung tema “Restart”, untuk mengajak masyarakat menata hari baru menuju tahun yang baru. Apalagi 8 bulan terakhir ini terasa sangat berbeda, karena masyarakat dihadapkan dengan ketidakpastian.

Baca juga : Nusantara Fashion Festival 2020 Ajak Kolaborasi 300 UMKM dan Pegiat Mode Tanah Air

Banyak yang merasa tidak nyaman, putus asa, atau memilih untuk menggunakan tahun ini sebagai waktu untuk beristirahat. Jeda sejenak untuk memikirkan dan memeriksa kembali potensi apa yang sebenarnya kita miliki.

Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment menyampaikan, pandemi membawa masyarakat ke dalam sebuah perubahan kehidupan yang tak terduga dan tanpa persiapan. Namun demikian, bukan berarti masyarakat harus menyerah.

“Tahun ini adalah waktu untuk kita menemukan kembali keterampilan, mengubah inspirasi, ide, tujuan dan juga impian,” terangnya dalam virtual press conference, Kamis (12/11/2020).

Baca juga : Mandiri Syariah Rayakan 21 Tahun, Gelar Program Peduli & Berbagi

Dengan diselenggarakannya IDEAFEST, lanjut Ben, pihaknya meneruskan komitmen untuk memberikan ruang informasi khususnya bagi komunitas kreatif.

“Menggandeng lebih banyak komunitas dan figur-figur inspiratif, kami ingin IDEAFEST dapat memberikan dampak yang lebih besar dan efektif, untuk terus berusaha, bergerak maju, dan memulai kembali,” tambahnya.

Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan didukung oleh Bank BRI, IDEAFEST 2020, melalui panggung virtual IDEAFEST tahun ini, para pembicara akan berbagi inspirasi dan informasi yang dapat dijadikan sebagai referensi terkini bagi pelaku industri kreatif, yang terdiri dari: 4 channels, 60+ sessions dan 150+ speakers.

Sementara Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) menambahkan, untuk beradaptasi dengan situasi saat ini, Kemenparekraf menekankan 3 komponen untuk bersama-sama membangkitkan Sektor Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia, yaitu Kolaborasi, Kontribusi, dan juga Inovasi.

“Masyarakat harus terus berjalan maju, dan menghadapi segala tantangan” ujarnya.

Baca juga : Wagub Emil Apresiasi Gelaran DIY Festival 2020

Adapun 3 konten utama yang dihadirkan pada IDEAFEST 2020, diantaranya:

  1. Personal Development:terkait permasalah kesehatan mental, pengembangan diri, kesehatan & kesejahteraan,
  2. Work & Business Innovation: pengembangan industri kreatif baru, pembahasan mengenai paradigma & protokol bisnis baru, dan serta perkiraan tren masa depan pasca-COVID-19),
  3. Planet & Society Issue(membahas mengenai isu-isu antara lain social enterprise, Young Activism, dan permasalahan lingkungan dunia terkini). (JM01)