Ini Penjelasan Kuasa Hukum Darbe Terkait Eksekusi Darbe Café

0
77
Ini Penjelasan Kuasa Hukum Darbe Terkait Eksekusi Darbe Café
Ini Penjelasan Kuasa Hukum Darbe Terkait Eksekusi Darbe Café

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Kasus Eksekusi Darbe Café, sebuah usaha kuliner yang telah menjadi penyewa dengan kontrak jangka panjang yang dinilai kontroversial, terus bergulir. Darbe Café dieksekusi oleh pemenang lelang tanpa mempertimbangkan hak-hak dan keabsahan penyewa.

Kuasa Hukum darbe kafe, Sabar Jhonson S. mengatakan, kejadian ini menjadi peringatan bagi semua pihak terkait dalam dunia lelang akan pentingnya mematuhi hukum serta perlunya perlindungan hak penyewa.

“Kasus ini memberikan pelajaran bagi para penyewa bahwa mereka tidak boleh mengabaikan pentingnya taat hukum dalam proses penyewaan. Sebagai penyewa, mengetahui status objek penyewaan dan menjaga hak-hak mereka menjadi hal yang sangat penting. Ketidaktahuan terkait status obyek dapat berdampak serius pada masa depan penyewa dan menyebabkan masalah hukum yang rumit,” ujarnya, Sabtu (15/7/2023).

Edukasi, lanjut Sabar, juga perlu diberikan kepada pembeli lelang agar tidak hanya terpikat oleh harga murah tanpa memperhatikan aspek legalitas dan status obyek yang akan mereka beli.

BACA JUGA : Darbe Kafe Pertahankan Hak Berlandaskan Dasar Hukum dan Lakukan Gugatan Perlawanan…

“Pemenang lelang harus memahami dengan baik proses pembelian lelang serta menjalankan kewajibannya secara etis dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Ini akan membantu mencegah terjadinya eksekusi yang melanggar hak penyewa tanpa melalui prosedur yang tepat,” tambah Sabar.

Sabar juga menilai bahwa pengawalan dan pengawasan persidangan juga menjadi hal yang penting, karena para pihak terkait dalam proses lelang harus memastikan bahwa persidangan berjalan dengan adil dan transparan.

“Keterlibatan kasus dalam proses lelang, seperti yang terjadi dalam kasus ini, menimbulkan keraguan akan keadilan dalam putusan yang diambil,” lanjut Sabar.

Sabar juga sempat menyampaikan keraguannya terkait “Apakah keadilan dapat diperjuangkan dalam hal ini?”

“Walaupun terdapat kejadian yang memicu keraguan terhadap keadilan, penting bagi kita untuk tetap percaya bahwa keadilan dapat dicapai melalui penegakan hukum yang benar dan proses persidangan yang adil,” tambah Sabar.

BACA JUGA : Darbe Cafe Dieksekusi, Pengelola Darbe Cafe Beri Komitmen Pada Penyewa untuk…

Menurutnya, hukum harus ditegakkan kepada siapapun, tanpa terkecuali. Dan kejadian ini menunjukkan pentingnya para aparat belajar tentang hukum positif dan memahami aturan-aturan yang mengatur proses lelang.

Halaman selanjutnya: Melalui pemahaman yang mendalam tentang hukum….