ITS Kukuhkan 10 Guru Besar Baru Sekaligus

0
31
ITS Kukuhkan 10 Guru Besar Baru Sekaligus
ITS Kukuhkan 10 Guru Besar Baru Sekaligus

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) terus berupaya meningkatkan jumlah guru besarnya. Kali ini, terbanyak dalam sejarahnya, ITS mengukuhkan sekaligus 10 guru besar atau profesor baru dari berbagai bidang disiplin ilmu dalam Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor ITS yang dihelat oleh Dewan Profesor ITS, Rabu (31/3/2021).

Prosesi pengukuhan yang digelar secara luring ini juga disiarkan langsung melalui media resmi Youtube ITS TV. Dalam acara yang berlangsung hampir lima jam ini masing-masing profesor baru itu memaparkan orasi ilmiah hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai bentuk kontribusinya pada masyarakat.

Prof Dr pol Heri Kuswanto SSi MSi yang baru menginjak 39 tahun menjadi profesor pertama yang dikukuhkan dengan bidang keahlian statistika dari Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD). Dalam orasi ilmiahnya, dosen kelahiran Gresik ini mengangkat pemanfaatan komputasi statistik sebagai solusi untuk mengatasi ketidakpastian di era big data.

Melalui pengukuhan ini, bertambah pula guru besar dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS). Yakni Prof Setiyo Gunawan ST PhD dari Departemen Teknik Kimia, memaparkan orasi ilmiahnya terkait pemanfaatan batch-wise solvent extraction dan minyak nyamplung untuk mendorong ekonomi hijau dan kawasan industri halal Indonesia.

Baca juga : Biznet Bangun Pusat Data Ketiga dan Luncurkan Layanan NEO Web

Selanjutnya, Prof Dr Dra Mardlijah MT yang berangkat dari Departemen Matematika FSAD memaparkan orasinya mengenai implementasi matematika terapan untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

Berikutnya, Prof Dr Enny Zulaikah MP dari Departemen Biologi FSAD, mengangkat topik orasi terkait pemanfaatan bakteri untuk kesejahteraan manusia dan kemajuan teknologi.

Halaman selanjutnya: Dari Departemen Teknik Perkapalan