Jepang dan UNICEF Bermitra Dukung Pendidikan Anak dan Tingkatkan Rantai Dingin Vaksin di Indonesia

0
4
Jepang dan UNICEF Bermitra Dukung Pendidikan Anak dan Tingkatkan Rantai Dingin Vaksin di Indonesia
Jepang dan UNICEF Bermitra Dukung Pendidikan Anak dan Tingkatkan Rantai Dingin Vaksin di Indonesia

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pemerintah Jepang menyediakan dana hibah darurat senilai 6.9 juta USD (Rp 100 miliar) untuk mendukung kegiatan UNICEF dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan dan menguatkan sarana rantai dingin terkait program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dana hibah tersebut merupakan kelanjutan dukungan Jepang pada tahun 2020 terhadap aksi respons multisektor UNICEF untuk mengatasi dampak langsung pandemi Covid-19 di Indonesia.

Program Safe Return to Learning yang didukung oleh Pemerintah Jepang bertujuan menjawab kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan psikososial anak-anak di Papua dan Sulawesi Selatan.

Dukungan ini juga akan menguatkan sistem dan kemampuan nasional untuk memberikan layanan publik dasar kepada kelompok-kelompok masyarakat di daerah terpencil yang kekurangan akses layanan.

Baca juga : Berbagi Untuk Kemanusiaan Tidak Harus Kaya. Ini Ceritanya

Melalui program ini, UNICEF akan bekerja sama dengan otoritas setempat agar anak-anak, khususnya yang paling tertinggal, dapat kembali ke sekolah dengan aman, meneruskan kegiatan belajar, dan mendapatkan layanan kesehatan penting yang sempat terhambat selama pandemi.

UNICEF juga hendak meningkatkan prasarana air, kebersihan, dan sanitasi, menyosialisasikan perilaku sehat, serta terus memperluas pelayanan perlindungan anak untuk kelompok yang paling membutuhkannya.

“UNICEF berterima kasih atas komitmen berkelanjutan Jepang untuk mendukung anak-anak yang paling rentan di Indonesia pada masa Covid-19,” ujar UNICEF Representative Debora Comini.

Baca juga : Indosiar Kembali Hadirkan Bintang Pantura 6 Lewat Audisi Online

Melalui kontribusi ini, lanjut Debora, UNICEF akan mampu mendukung upaya otoritas setempat mengakhiri pandemi, agar anak-anak dapat kembali bersekolah dengan aman.

Dana hibah juga akan digunakan untuk mengadakan sarana rantai dingin, termasuk fasilitas penyimpanan dingin dan transportasi untuk mendukung akses dan distribusi vaksin Covid-19 secara merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Halaman selanjutnya: UNICEF akan mengadakan…