Penasehat hukum David : Tuntutan Jaksa Tidak Memenuhi Keadilan Dan Terkesan Emosional

0
9
Penasehat hukum David : Tuntutan Jaksa Tidak Memenuhi Keadilan Dan Terkesan Emosional
Penasehat hukum David : Tuntutan Jaksa Tidak Memenuhi Keadilan Dan Terkesan Emosional

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) akhirnya membacakan tuntutannya untuk terdakwa David Handoko. Namun menurut Dr. Yudi Wibowo Sukinto, SH.,M.Hum, salah satu penasehat hukum David Handoko, tuntutan yang begitu tinggi tersebut dinilai emosional.

“Bukan hanya emosional, tapi tuntutan pidana 3,6 tahun ini tidak memenuhi adanya keadilan bagi terdakwa,” ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Meski tuntutan yang diberikan penuntut umum itu terbilang cukup tinggi, namun Yudi Wibowo yang juga Doktor Ilmu Hukum ini menanggapinya dengan biasa saja. Bahkan Yudi menyatakan bahwa sah-sah saja penuntut umum menuntut David Handoko selama 42 bulan.

“Yang terpenting, selama pemeriksaan berlangsung termasuk pemeriksaan terdakwa, penuntut umum tidak bisa membuktikan dakwaannya. Dan disini terlihat bahwa jaksa begitu emosional sebab sepanjang jalannya pemeriksaan, jaksa terlihat kebingungan dan belum bisa membuktikan dakwaannya,” tegas Yudi.

Yudi juga menilai bahwa jumlah kerugian yang diderita Anna Prayogo sendiri dalam perkara ini tidak jelas, karena angkanya berubah-ubah.

“Jika mengacu pada laporan kepolisian saat itu, kerugian yang diderita korban hingga Rp 8,5 miliar. Dipersidangan, kerugian yang diderita korban berubah menjadi Rp 3 miliar. Namun dalam dakwaan jaksa disebutkan bahwa kerugian Anna Prayogo adalah Rp 25 miliar. Lalu berapa jumlah kerugian yang diderita Anna Prayogo yang sebenarnya?” ujarnya.

Selain itu, dalam pemeriksaan terdakwa sendiri, Yudi juga menilai, ada upaya untuk membungkam terdakwa dan tidak boleh menceritakan yang sebenarnya. Ini terjadi ketika terdakwa David ingin menjelaskan lebih detail tentang pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, langsung dipotong.

“Ini ada apa? Karen terdakwa benar-benar tidak diberi kesempatan untuk membela dirinya di persidangan apalagi ketika di sidang pemeriksaan terdakwa,” kata Yudi penuh tanya.

Dengan kejadian-kejadian itu semua, tim penasehat hukum terdakwa David Handoko memastikan akan membuktikannya nanti dipembelaan.

Baca juga : Sidang Dugaan Penipuan dan Penggelapan dengan Terdakwa David Handoko di PN…

“Dalam nota pembelaan kami nanti, akan kami beberkan dan kami buktikan bahwa terdakwa tidak bersalah, sebagaimana dakwaan penuntut umum,” ungkap Yudi.

Masih menurut Yudi, didalam nota pembelaan nantinya, juga akan dijelaskan, apa yang dituduhkan kepada terdakwa tidak benar semua. Dan semoga majelis hakim yang menyidangkan serta memutus perkara ini dapat bertindak adil, obyektif karena ini menyangkut kelangsungan hidup seseorang.

Terkait dengan adanya uang yang ditarik terdakwa David Handoko, sebagai mana tertuang dalam surat dakwaan penuntut umum, Yudi pun mempertanyakannya.

Halaman selanjutnya: Menurut pendapat Yudi…