Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang. Ini Alasannya…

0
291
Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang. Ini Alasannya...
Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang. Ini Alasannya... (foto: istimewa)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Mudik lebaran 2021 secara resmi dilarang oleh Pemerintah. Sedangkan untuk sebelum dan sesudah tanggal pelarangan tersebut, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak berpergian ke luar kota kecuali untuk keperluan mendesak.

Hal ini ditegaskan Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3/2021) lalu.

“Larangan mudik berlaku untuk seluruh ASN, TNI-Polri, pegawai BUMN, pegawai swasta, maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat,” katanya, sambil menambahkan bahwa keputusan ini diambil dari hasil rapat bersama sejumlah kementerian/lembaga dan TNI-Polri, serta sudah meminta pertimbangan Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, keputusan itu dilakukan mengingat tingginya angka penularan dan angka kematian, baik masyarakat maupun tenaga kesehatan akibat wabah covid-19 akibat beberapa kali libur panjang, khususnya setelah libur natal dan tahun baru hingga menyebabkan tingginya bed ocupancy rate (BOR) di rumah sakit.

Baca juga : KPPU Kenakan Sanksi pada GoJek Sebesar Rp 3,3 Milyar

“Dengan demikian, diharapkan upaya vaksinasi yang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan,” lanjut Muhadjir.

Muhadjir juga mengatakan, untuk aturan-aturan yang menunjang peniadaan mudik akan diatur oleh kementerian/lembaga terkait, termasuk Satgas Covid-19. Adapun, pengawasannya, akan dilakukan oleh TNI-Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemda dan pihak lainnya.

Halaman selanjutnya: Sebelumnya, pemerintah juga…