Pemprov Jatim Buka Seleksi Penerimaan PPPK dengan 3.811 Formasi Tanpa Pungutan

0
3
Pemprov Jatim Buka Seleksi Penerimaan PPPK dengan 3.811 Formasi Tanpa Pungutan
Pemprov Jatim Buka Seleksi Penerimaan PPPK dengan 3.811 Formasi Tanpa Pungutan

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa tahun ini Pemprov Jatim kembali membuka penerimaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ada total sebanyak 3.811 formasi yang disediakan dalam seleksi penerimaan PPPK di lingkungan Pemprov Jatim tahun ini. Dengan rincian Formasi Guru sejumlah 2.450, Formasi Kesehatan sejumlah 919 dan Formasi Teknis sejumlah 422.

“Tahun ini Pemprov Jatim kembali membuka seleksi penerimaan PPPK dengan total kuota 3.811 formasi untuk guru, nakes dan juga tenaga teknis. Silahkan dimaksimalkan sebaik mungkin dengan mengikuti jadwal seleksi yang telah ditentukan,” ucap Gubernur Khofifah, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini menegaskan bahwa sebagian proses pendaftaran seleksi PPPK sudah berjalan. Misalnya untuk PPPK Tenaga Kesehatan, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 22 November 2022. Yang kemudian akan dilakukan seleksi administrasi hingga 23 November 2022. Dan dilakukan seleksi pada tanggal 6 sampai dengan 10 Desember 2022.

“Yang harus menjadi catatan adalah seluruh pelamar PPPK Tenaga Kesehatan wajib terdaftar pada aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) Kementerian Kesehatan,” tandas Khofifah.

BACA JUGA : KPw Bank Indonesia Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022 untuk Dorong…

Berikutnya adalah untuk penerimaan PPPK Tenaga Guru, Khofifah menegaskan bahwa khusus untuk tenaga guru tidak ada proses seleksi melainkan menggunakan hasil nilai seleksi sebelumnya di tahun 2021.

“Pengadaan PPPK Guru yang ingin kami tegaskan yaitu tanpa proses seleksi melainkan menggunakan perangkingan nilai tertinggi dari hasil peserta lolos passing grade formasi tahun 2021 sesuai dengan instansi penempatan,” ujar Khofifah.

Dengan begitu, pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK untuk tenaga guru dilakukan pada tanggal 17 November 2022. Kemudian untuk Pengumuman kelulusan dilakukan pada tanggal 20 sampai dengan 21 Februari 2023. Dan dilanjutkan dengan Pemberkasan pada tanggal 22 Februari sampai dengan 13 Maret 2022 hingga Penetapan NIP dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 31 Maret 2023.

“Bagi Pelamar PPPK guru, kami sarankan untuk selalu update dapat melihat pada akun pendaftaran masing-masing melalui link https://sscasn.bkn.go.id/. Sedangkan untuk memantau mekanisme dan tahapan seleksi PPPK Guru dapat diakses melalui link https://gurupppk.kemdikbud.go.id/,” tegas Khofifah.

BACA JUGA : Pendaftaran Calon anggota KPPU periode 2023 – 2028 Masih Dibuka

Dan yang terakhir adalah untuk penerimaaan PPPK tenaga Teknis, Khofifah menegaskan bahwa pelamar PPPK Teknis sementara hanya bisa membuat akun pendaftaran pada link https://sscasn.bkn.go.id/. Dan informasi terkait pendafataran akan diinformasikan lebih lanjut. Untuk itu pelamar PPPK Tenaga Teknis wajib mengikuti perkembangan terkait jadwal seleksi dan Informasi lainnya di https://bkd.jatimprov.go.id/Rekrutmen-PPPK2022.

“Namun berdasarkan informasi yang kami terima, untuk Jadwal pelaksanaan seleksi PPPK Tenaga Teknis diperkirakan Februari 2023,” tandas Khofifah.

Khofifah menegaskan bahwa seluruh pelaksanaan seluruh tahapan pelaksanaan Penerimaan PPPK di lingkungan Pemprov Jatim baik untuk Tenaga Teknis, Tenaga Kesehatan maupun Guru tidak dipungut biaya.

“Semua gratis. Tidak ada pungutan biaya. Maka sekali lagi saya imbau agar tidak ada yang mempercayai ataupun menggunakan jasa calo yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain,” tegasnya.

BACA JUGA : Presiden Tegaskan Semua Pihak Jaga Situasi Politik Tanah Air

Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum-oknum yang mengatasnamakan Panitia ataupun siapapun. Untuk itu Gubernur Khofifah peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan PPPK Tenaga Teknis di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (JM01)