KPw Bank Indonesia Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022 untuk Dorong Potensi Komoditas Unggulan Kopi

0
25
KPw Bank Indonesia Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022 untuk Dorong Potensi Komoditas Unggulan Kopi
KPw Bank Indonesia Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022 untuk Dorong Potensi Komoditas Unggulan Kopi

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07%.

Dalam mendukung fungsi, tugas dan kewenangan di bidang moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran, Bank Indonesia berperan dalam mengembangkan UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Dimana Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan UMKM melalui 3 (pilar), yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan.

Dan salah satu yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur dalam mendorong potensi komoditas unggulan kopi adalah menggelar Java Coffee Culture (JCC) 2022 yang akan dilangsungkan pada 26–27 November 2022, di Jalan Tunjungan Surabaya.

BACA JUGA : Pacu UMKM Naik Kelas, Bank Mandiri Injak Gas Penyaluran KUR di…

Kepala KPw BI Jatim, Budi Hanoto mengatakan, JCC 2022 yang mengambil tema “Beyond a Cup of Coffee” ini merupakan kegiatan yang memperkenalkan keunggulan dan keanekaragaman kopi dari wilayah Jawa yang dirancang sebagai event tahunan regional untuk memperkenalkan “value”, sejarah, filosofi dari seluruh kopi specialty di Jawa.

“Selain itu juga sebagai tempat bertemunya Pecinta, Pebisnis, Investor dan Penggiat Kopi serta ajang: Inovasi Produk Kopi, Memperkaya Knowledge Kopi, Quality Assurance Kopi, dan Sarana Pemasaran Produk Kopi lokal ke global,” ujarnya pada Jatimmedia.com, Rabu (23/11/2022).

Jadi, lanjut Budi, event JCC 2022 ini sekaligus mempromosikan Kopi Jawa sbg komoditas unggulan Nasional, meningkatkan value added kopi Jawa dan mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, serta memperkuat rantai nilai Kopi Jawa (termasuk ekosistem UMKM Syariah) untuk go global dan go digital secara end-to-end.

BACA JUGA : Presiden Tegaskan Semua Pihak Jaga Situasi Politik Tanah Air

“Dengan berkolaborasi bersama 14 mitra strategis termasuk Pemerintah Kota Surabaya, diharapkan JCC 2022 dapat semakin menguatkan linkage komoditas Kopi Jawa dan mengembagkan kopi Jawa sebagai komoditas unggulan nasional,” tambah Budi.

Halaman selanjutnya: JCC 2022 diyakini akan meningkatkan eksposur….