Pemprov Jatim Kembali Gelar Program Mudik Gratis

0
24
Pemprov Jatim Kembali Gelar Program Mudik Gratis
Pemprov Jatim Kembali Gelar Program Mudik Gratis

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pemprov Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Bahkan, masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri dalam program mudik gratis Pemprov Jatim mulai hari ini, Senin (27/3/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, ada sebanyak 161 armada Bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis ini. Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 Kapal Laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas.

“Mulai hari ini, tanggal 27 Maret s.d 10 april 2023, masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Kami menyiapkan 161 Armada Bus untuk Mudik Gratis, 400 Kendaraan Motor siap diangkut dan Kapal Laut bagi masyarakat di wilayah Kepulauan,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi, Senin (27/3/2023).

BACA JUGA : BI Jatim Siapkan Rp 24,5 Triliun untuk Program Penukaran Uang

Khofifah mengungkapkan, sebelum melaksanakan pendaftaran online masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, diantaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya,” tegasnya.

Lebih lanjut Khofifah merinci, jumlah armada yang berangkat pada tgl 19 April 2023 sebanyak 90 Bus dengan tujuan di 20 Kab/Kota, dianataranya : Surabaya – Madiun, Surabaya – Magetan, Surabaya – Ponorogo,Surabaya – Nganjuk  Surabaya – Tulungagung,  Surabaya – Blitar, Surabaya – Trenggalek,            Surabaya – Bondowoso          , Surabaya – Pacitan, Surabaya – Jember. Selain itu, juga Surabaya – Malang – Blitar, Surabaya – Banyuwangi, Surabaya – Ngawi, Surabaya – Tuban, Surabaya – Sumenep, Surabaya – Bojonegoro.

“Total bus antar Kab/Kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 Armada,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta sebanyak 34 bus dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April menuju Jatim dari Jakarta yang tepatnya dari anjungan Jawa Timur TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

BACA JUGA : 21 Kabupaten/Kota Jatim Capai Universal Health Coverage

“Kami juga akan menyiapkan armada bagi saudara kita yang berada di Ibukota Jakarta dengan 34 bus Mudik Balik Gratis yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 bertempat di Anjungan Jatim TMII Jakarta,” tegasnya.

Halaman selanjutnya: Demi memperluas sasaran masyarakat…..