Perkuat Tata Kelola Kelembagaan, FISH UNESA Terima Kunjungan FISIP UB dan UNRI

0
20
Perkuat Tata Kelola Kelembagaan, FISH UNESA Terima Kunjungan FISIP UB dan UNRI
Perkuat Tata Kelola Kelembagaan, FISH UNESA Terima Kunjungan FISIP UB dan UNRI

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Jajaran dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerima kunjungan jajaran tim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Malang di Ruang Dekanat, lt 2. Gedung FISH, Kampus Ketintang, Surabaya, pada 24 Oktober 2023.

Dari FISIP UB, hadir Wakil Dekan 1, Dr.rer.pol. M. Faishal Aminuddin, S.S., M.Si, bersama jajaran ketua program studi. Wakil dekan FISIP mengatakan, ada 4 hal yang bisa menjadi bagian penting dari kunjungan ini yakni tentang pengelolaan SDM, transformasi kelembagaan, penciri prodi dan perubahan mindset.

“Pertemuan ini bagian dari strategi kami bersama FISH UNESA untuk sharing terkait tata kelola kelembagaan dalam melakukan transformasi di masing-masing lembaga,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FISH UNESA, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd., menuturkan, pertemuan tersebut sebagai upaya penguatan sinergi dalam membangun fakultas yang maju dan unggul. Pertemuan ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan penandatangan MoA (Memorandum of Agreement) antara kedua belah pihak.

Perkuat Tata Kelola Kelembagaan, FISH UNESA Terima Kunjungan FISIP UB dan UNRI
Perkuat Tata Kelola Kelembagaan, FISH UNESA Terima Kunjungan FISIP UB dan UNRI

“FISH harus terus melakukan banyak kerja sama dengan berbagai pihak, karena saat ini kami sedang tahap persiapan untuk bertransformasi dan berubah dari FISH menjadi Fisipol, dan alhamdulillah ternyata hal ini juga disambut positif oleh perguruan tinggi lain termasuk teman-teman dari FISIP UB,” ucap Bambang Sigit.

BACA JUGA : Tiga Tokoh Dianugerahi Bintang Jasa oleh Pemerintah Jepang, Salah Satunya Gubes UNESA

Pada hari berikutnya, FISH juga menerima kunjungan FISIP Universitas Riau (UNRI) yang langsung dipimpin oleh Dekan FISIP UNRI Dr. Meyzi Heriyanto, M.Si. Dia membawa rombongan yang terdiri dari wakil dekan, sekretaris senat, kaprodi dan dosen yang bertujuan untuk sharing pengelolaan SDM fakultas. Selain itu, juga terkait dengan pelaksanaan MBKM dan penetapan FISH UNESA lolos Zona Integritas di penilaian internal Kemendikbudristek RI.

Pada kesempatan itu, Dekan FISIP Unri mengatakan bahwa fakultasnya perlu melakukan pembenahan-pembenahan sehingga perlu melakukan benchmarking ke FISH UNESA untuk belajar mengenai MBKM dan Zona Integritas, selain keja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu Dekan FISH UNESA Dr. Bambang Sigit Widodo mengatakan bahwa terkait zona integritas memang perlu didukung dan menjadi komitmen sektoral. Itulah yang ditunjukkan FISH sehingga bisa meraih zona integritas.

BACA JUGA : Rektor Unesa Dikukuhkan sebagai Ketua Umum PB FOPI

“Kunjungan ini menjadi bagian penting penguatan tata kelola kelembagaan. Ini bisa mempererat sinergi lintas lembaga dalam mencapai tujuan bersama. Paling penting yang kami tunjukkan selama ini terkait layanan untuk mahasiswa,” ucapnya. (Adv/JM01)