Pimpinan DPRD Surabaya Minta Kuota Beasiswa Pemuda Tangguh Ditambah

0
9
Pimpinan DPRD Surabaya Minta Kuota Beasiswa Pemuda Tangguh Ditambah
Pimpinan DPRD Surabaya Minta Kuota Beasiswa Pemuda Tangguh Ditambah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – DPRD Kota Surabaya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk melakukan penambahan ketersediaan kuota penerima program Beasiswa Pemuda Tangguh jenjang perguruan tinggi.

“Saya mendorong agar anak-anak Surabaya diberi kesempatan seluas-luasnya untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti dalam keterangan resminya, Kamis (2/5/2024).

Reni menyebut saat ini jumlah penerima Beasiswa Pemuda Tangguh sebanyak 800 orang.  Setidaknya jumlah itu bisa digenapkan menjadi 1.000 orang. Apalagi penambahan jumlah penerima manfaat program Beasiswa Pemuda Tangguh tersebut dimaksudkan memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu mendapatkan akses pendidikan yang setara dan layak.

“Bantuan pendidikan ini diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu atau siapapun yang terkendala masalah perekonomian untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Dengan begitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Surabaya berpotensi meningkat pesat, kemudian garis kemiskinan bisa secepatnya terputus,” ujar dia.

BACA JUGA : Ketua DPRD Surabaya: Lebaran Harus jadi Momentum Perkuat Toleransi dan Persatuan Masyarakat

Reni juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 masih menyisakan isu sentral, yang salah satunya terkait kesejahteraan para guru. Persoalan itu harus secepatnya dirampungkan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

“Masih banyak kami temui penghasilan guru yang di bawah UMR, karenanya kesejahteraan guru harus kami perjuangkan bersama. Dan kami siap mengawal setiap langkah yang diambil oleh pemerintah, khususnya kebijakan dari Pemkot Surabaya. Lanjut Reni.

Jaminan kesejahteraan para guru dari pemerintah, lanjutnya, menjadi bentuk penghargaan terhadap jasa dan kinerja memajukan peradaban bangsa. Oleh karena itu, di momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini pemerintah bisa fokus menghadirkan terobosan untuk mengatasi persoalan tersebut.

BACA JUGA : DPRD Surabaya Minta Pemkot Maksimalkan Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

“Kepada seluruh insan pendidikan, terima kasih atas dedikasinya, terima kasih atas pengabdiannya. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” pungkasnya. (Adv/JM01)