PJ Bupati Resmikan Sumur Bor Bantuan IKA Unair Tulungagung

0
18
PJ Bupati Resmikan Sumur Bor Bantuan IKA Unair Tulungagung
PJ Bupati Resmikan Sumur Bor Bantuan IKA Unair Tulungagung

Tulungagung, JATIMMEDIA.COM – PJ Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno MT meresmikan sumur bor bantuan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga Cabang Tulungagung kepada warga Tenggarejo, Tanggunggunung, Tulungagung, Minggu (19/5/2024).

Seharusnya, peresmian sekaligus penyerahan sumur bor ini dilakukan DR (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Tulungagung mengucapkan terima kasih kepada IKA Unair Cabang Tulungagung dan para donatur.

“Selanjutnya tugas kita, warga dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk menjaga dan melanjutkan,” ungkapnya.

Pada Tahun Anggaran 2025, kata Heru, telah direncanakan program pipanisasi,sehingga warga bisa menikmati air sumur bor ini langsung dari rumah masing-masing.

BACA JUGA : Adira Finance Area Jawa Timur Gelar Adira Expo 2024, Hadirkan Promo…

Diketahui, sumur bor ini merupakan upaya dari IKA Universitas Airlangga Cabang Tulungagung dalam membantu warga mengatasi kesulitan air bersih yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Setiap musim kemarau, warga Tenggarejo terpaksa harus membeli air. Setiap satu tangki mobil dengan kapasitas 4000 liter seharga Rp 250 ribu.

“Satu tangki ini bisa digunakan selama seminggu setiap kepala keluarga,” ungkap Kepala Desa Tenggarejo Mudjito.

Sehingga selama sebulan, lanjutnya,  untuk memenuhi kebutuhan air saja warga harus mengeluarkan biaya Rp 1 juta. Sementara bagi yang tidak mampu membeli air, hanya bisa mengandalkan bantuan dari Pemkab Tulungagung atau pihak lain.

“Kalau tidak ada bantuan, kami mengusung air dari belik (sumber air, red.),” terangnya.

Mengambil air dari sumber air tidaklah mudah. Aksesnya berupa jalan setapak sehingga untuk mengusung jerigen berisi air harus menggunakan motor modifikasi. Sementara bagi yang tidak punya ya harus jalan kaki menggendong atau memikulnya.

BACA JUGA : Mayjen TNI Rafael Terima Penghargaan Prapanca Award dari PWI Jatim

Kondisi sulit air inilah yang membuat IKA Universitas Airlangga Cabang Tulungagung berinisiatif membantu membuatkan sumur bor melalui program AMERTA (Aksi Merdeka Air dan Tanaman untuk Alam). Berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari PAPDI (Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) Surabaya, Ikatan Alumni Penyakit Dalam (IPD) Universitas Airlangga, berbuatbaik.id, LMI, Rumah Zakat, Apsilangga (Alumni Psikologi Universitas Airlangga), Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan didukung penuh Pengurus Pusat IKA Universitas Airlangga.

Halaman selanjutnya: Kami berharap program ini bisa membantu warga…..