Porang, Tanaman yang Dulu Liar Kini Banyak Diincar

0
8
Porang, Tanaman yang Dulu Liar Kini Banyak Diincar
Porang, Tanaman yang Dulu Liar Kini Banyak Diincar

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Porang sebagai tanaman liar yang dulu tidak dilihat orang, kini ternyata banyak diincar karena manfaatnya yang luar biasa. Dan tentu saja ini membuat potensinya menjadi lebih besar lagi.

Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Dan Glucomannan ini merupakan serat alami yang larut dalam air dan biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang.

Dr. Doddyk Pranowo, STT., M.Si, selaku akademisi Universitas Brawijaya menjelaskan, peluang bisnis berbahan baku porang yang memiliki potensi besar saat ini banyak menjadi produk olahan makanan seperti; mie shirataki, beras konyaku, mie shirataki instant, pasta porang, konyaku, boba dan turunan makanan lainnya yang dapat digolongkan sebagai healthy food.

Baca juga : Kemensos Hentikan Santunan untuk Ahli Waris Korban Covid-19, Gubernur Khofifah Beri…

“Bahkan produk turunannya juga dapat diolah sebagai bahan baku produk kecantikan seperti; butiran pembersih wajah, spons pembersih wajah, supplement diet, pengental alami, pembersih wajah, dsb,” ujarnya dalam acara “Ngopi” Volume 27 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Kamis (18/3/2021).

Halaman selanjutnya: Dengan potensi porang…