RS Terapung Ksatria Airlangga Tambah Layanan Dokter Gigi

0
11
RS Terapung Ksatria Airlangga Tambah Layanan Dokter Gigi
RS Terapung Ksatria Airlangga Tambah Layanan Dokter Gigi

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) bakal membuka  fasilitas layanan gigi untuk masyarakat kepulauan di Indonesia. Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani RSTKA bersama dengan Fakultas kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) pada Jumat (19/3/2021) di atas kapal RSTKA di Pelabuhan Kalimas Pos 5 Tanjung Perak.

Hadir dalam penandatanganan MoU itu, Ketua Yayasan Ksatria Airlangga Christrijogo Sumartono, dr., Sp.An.KAR, Direktur RSTKA Agus Hariyanto, dr., Sp.B, Dekan FKG Dr. Agung Sosiawan drg., M.Kes, pengurus wilayah dan cabang Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA UA), serta sejumlah pimpinan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM).

Dr. Agung menyebutkan, RSTKA telah memberikan banyak kontribusi layanan kesehatan kepada masyarakat kepulauan. Di sisi lain, berdasar pengalaman selama ini, secara teknis ada wilayah-wilayah kepulauan yang juga belum tersentuh layanan kesehatan gigi dan mulut.

“Kami menindaklanjuti itu dengan bekerja sama. Bukan hanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, lebih dari itu, juga bagian dari pembelajaran dan research,” ujarnya seusai penandatanganan MoU.

Pihaknya bakal menyambungkan program tersebut ke dalam sistem pendidikan, kurikulum dengan bobot nilai tertentu, di FKG. Terutama dalam upaya memperkuat tri dharma perguruan tinggi dan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Baca juga : Tingkatkan Nasabah Generasi Kekinian, Bank Jatim Gelar Jatim Garage & Undian…

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk mengimplementasikan kampus merdeka dan merdeka belajar,” imbuhnya.

Dengan kerja sama itu, FKG nantinya dapat menempatkan stase mahasiswa spesialis untuk mengadvokasi masyarakat dalam konteks kesehatan gigi dan mulut. Termasuk ditujukan untuk mahasiswa yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat melalui PKL.

Halaman selanjutnya: Diharapkan kerja sama ini