Tukang Becak Peraih Medali Emas SEA Games, Diangkat Gubernur Khofifah Jadi Pegawai Bapenda

0
25
Tukang Becak Peraih Medali Emas SEA Games, Diangkat Gubernur Khofifah Jadi Pegawai Bapenda
Tukang Becak Peraih Medali Emas SEA Games, Diangkat Gubernur Khofifah Jadi Pegawai Bapenda

Gresik, JATIMMEDIA.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan zakat produktif bagi para pelaku usaha ultra mikro di kawasan Kabupaten Gresik, Senin (17/10/2022).

Penyerahan zakat produktif itu dilakukan Gubernur Khofifah di sela peresmian Kantor Bersama Samsat Gresik di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Salah satu penerima zakat produktif dari Gubernur Khofifah adalah Suharto, mantan atlet balap sepeda peraih medali emas pada SEA Games 1979 yang sebelumnya selama puluhan tahun menjalankan profesi sebagai tukang becak merangkap pemulung.

Kini, mantan atlet tersebut telah diangkat oleh Gubernur Khofifah sebagai pegawai Bapenda sebagai pegawai di UPT Bapenda Gresik.

“Dua hari sebelum lebaran Idul Fitri Mei lalu saya keliling daerah. Sampai di Gresik sudah saat buka puasa. Saya berbagi makanan berbuka sembari bagi sembako untuk penarik becak,” tutur Khofifah yang diunggah dalam akun instagramnya.

Saat itu, lanjutnya, diantara penarik becak ada yang angkat tangan bersuara lantang bahwa beliau pernah meraih medali emas pada SEA GAMES juga medali perak open turnamen sepeda balap di Thailand dan China.

“Namanya Suharto. Saat itu beliau penarik becak merangkap pemulung,” lanjutnya.

Baca juga : Peringati Hari Pangan Sedunia, Gubernur Khofifah Minta Perkuat Jatim Sebagai Lumbung…

Ketika ditanya nomor handphonenya agar bisa berkoordinasi untuk tindak lanjut pemberian intervensi, Suharto menjawab bahwa ia tidak memiliki ponsel. Maka Gubernur Khofifah meminta alamat dimana Suharto tinggal kesokan harinya dikirimkanlah ponsel untuk Suharto.

Gubernur Khofifah pun tak lantas diam, ia segera meminta Kepala Bapenda Jatim untuk menindaklanjuti. Tak hanya diberikan ponsel genggam saja, namun Khofifah juga memberikan Suharto pekerjaan tetap yang lebih layak.

“Keesokan harinya beliau ditemui Kepala Bapenda dan diajak menjadi karyawan Bapenda di UPT Gresik. Dan terhitung sejak bulan Mei tahun 2022, Suharto resmi diangkat untuk bekerja sebagai petugas keamanan di UPT Bapenda Gresik. Alhamdulillah sampai saat ini beliau sehat,” tegas Khofifah.

Halaman selanjutnya: Suharto ini sempat viral akibat kondisi hidupnya….