Arumi Bachsin Himbau Masyarakat Tanam Jahe Merah

0
7
Ketua TP PKK Jatim Arumi Imbau Masyarakat Tanam Jahe Merah di Pekarangan Rumah
Ketua TP PKK Jatim Arumi Imbau Masyarakat Tanam Jahe Merah di Pekarangan Rumah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Arumi Bachsin Emil Dardak selaku Ketua TP PKK Prov. Jatim mengimbau kepada masyarakat untuk mulai menanam Jahe Merah di halaman ataupun pekarangan sekitar rumah. Alasannya, tanaman herbal tersebut terbukti mampu menjadi obat khasiat penangkal berbagai penyakit.

“Saya mengajak, kepada  masyarakat Jatim agar secara serentak menanam jahe merah di taman toga. Terbukti  khasiat jahe merah sebagai tanaman obat yang telah turun temurun menjadi andalan Indonesia,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada pemberian penghargaan Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah di Kantor PKK Prov. Jatim Jl. Gayungkebonsari No.56 A Surabaya, Sabtu (21/11/2020).

Arumi mengatakan, banyak manfaat bisa dirasakan ketika masyarakat menanam Jahe Merah di sekitar halaman atau pekarangan rumah. Selain berkhasiat menangkal penyakit, jahe merah juga dapat  meningkatkan nilai ekonomi keluarga dan mewujudkan lingkungan melalui pemanfaatan lahan kosong, lahan fasilitas umum (fasum) untuk tanaman toga.

Baca juga : Arumi Bachsin : Jadi Cantik dan Ganteng saja Tidaklah Cukup

Pemanfaatan menanam Jahe Merah, lanjut Arumi sapaan akrabnya merupakan tindak lanjut kerjasama Budidaya Jahe Merah antara Tim Penggerak PKK Prov. Jatim dengan PT. Bintang Toejoe yang digagas sejak 2019 di delapan kota di Jawa Timur.

Istri Wagub Jatim itu menyebut, banyak kegiatan yang telah dilakukan antara TP PKK Prov. Jatim bersama PT. Bintang Toejoe antara lain pemberian bantuan bibit jahe, polybag, media tanam, dan pupuk organik dari NPT.

“Bantuan dari PT. Bintang Toejoe kepada TP. PKK Prov. Jatim kita teruskan ke TP PKK Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Baca juga : Ketua TP PKK Arumi Bagi Sembako ke Kampung Dolanan dan Tanah Merah Surabaya

Arumi juga mengapresiasi para pemenang Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah dan berharap agar semua yang dilombakan menjadi motivasi dan penghargaan atas kerja keras para Kader PKK dalam mensukseskan program Taman Herbal Bejo Jahe Merah di masing-masing daerah.

“Terpenting setelah ini adalah bagaimana merawat dan terus menanam dengan memanfaatkan pekarangan kita masing-masing, serta mensosialisasikan fungsi dan manfaat tanaman jahe merah kepada masyarakat. Juga menjelaskan kepada masyarkat bahwa jahe merah merupakan tanaman herbal yang banyak manfaatnya. Ini merupakan tugas kita para kader PKK di seluruh Jatim,” imbuhnya.

Baca juga : Pengrajin Terdampak Covid-19 di Jatim Terima Bantuan Kemanusiaan Dari Dekranasda Pusat

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada Juara 1 yang diraih Kelurahan Rejomulyo Kota Madiun, Juara 2 Kelurahan Mojoroto Kota Kediri dan Juara 3 Kelurahan Mulyorejo Kota Malang. Sedangkan, untuk Harapan 1 diraih Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto, Harapan 2 diraih Kelurahan Temas Kota Batu dan Harapan 3 diraih Kelurahan Jajar Tunggal Kota Surabaya. (JM01)