Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jatim Dukung Pengembangan Bisnis Kopi di Wonosalam Jombang

0
12
BI Kantor Perwakilan Jatim Dukung Pengembangan Bisnis Kopi di Wonosalam Jombang
Deputi Kepala BI KPw Jatim, Harmanta, saat melakukan penanaman bibit kopi di desa Wonosalam Jombang, Sabtu (28/11/2020)

Jombang, JATIMMEDIA.COM –Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Prov. Jawa Timur, sangat peduli pada perkembangan bisnis kopi di Jawa Timur.

Kepedulian itu diwujudkan melalui berbagai program pendampingan guna memberikan nilai tambah bagi para petani kopi. Bahkan KPw BI Jatim juga memberikan bantuan ribuan bibit kopi kepada petani kopi binaan di di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Sabtu (28/11/2020).

Adapun rincian bibit yang diserahkan adalah sebanyak 14.500 bibit kopi jenis Arabika, 2.500 bibit kopi jenis Liberika, dan 3.500 bibit kopi jenis Enteres Robusta.

Deputi Kepala BI KPw Jatim, Harmanta, menyampaikan bahwa potensi kopi dari Wonosalam ini sangat luar biasa. Bukan saja memiliki varitas yang sangat unik, namun juga mampu mengembangkan perkebunan kopi jenis Leberika yang kurang bisa berkembang di tempat lain, tetapi disini bisa berkembang bagus dan mempunyai rasa khas serta nilai jual yang baik.

Baca juga : Bank Indonesia Dorong Pengembangan Model Bisnis ZISWAF dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

“Untuk itu, kami dari Bank Indonesia menilai bahwa ini perlu dikembangkan lebih baik lagi dan membantu prosesnya, mulai dari hulu sampai hilir, termasuk bibit tanamannya maupun pembinaan kepada para petani kopi yang berada di Carangwulung, Wonosalam, Jombang, ini,” terang Harmanta, disaksikan sejumlah Asosiasi Petani Kopi Wonosalam.

Harmanta juga menjelaskan bahwa sebelum memberikan bantuan bibit kopi,  KPw BI Jatim juga telah memberikan bantuan pembinaan sekaligus peralatan, mulai dari panen, pengupasan kulit kopi sampai sangrai, dan packagingnya.

“Harapan kami petani di sini bisa menciptakan value added tinggi untuk kopi Wonosalam, khususnya jenis Exselsa, yang menjadi unggulan Wterang Harmanta.

Baca juga : Millennial Speak Up Gagas Koperasi Sentra Komunitas Millennial, Skomill

Disisi lain, Harmanta juga menambahkan bahwa KPw BI Jatim juga mendorong agar produsen kopi bisa memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung pemasarannya.

“Era digital seperti sekarang ini tentu harus diikuti kalau ingin maju. Dan tentu saja kami ingin petani dan produsen kopi di Wonosalam ini bisa memanfaatkan teknologi digital ini untuk meningkatkan kelasnya, terutama pemasarannya,” pungkasnya. (JM01)