DPRD Surabaya Dorong Pemkot Bentuk UPTD Sarana Prasarana Olahraga

0
25
DPRD Surabaya Dorong Pemkot Bentuk UPTD Sarana Prasarana Olahraga
DPRD Surabaya Dorong Pemkot Bentuk UPTD Sarana Prasarana Olahraga

Surabaya, JATIMMEDIA.COMDPRD Kota Surabaya, seperti disampaikan Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, mengusulkan agar Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya membuat UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah), yang khusus menangani sarana dan prasarana olahraga.

Hal ini dikatakan terkait dengan banyaknya sarana dan prasarana olahraga yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yang tersebar diseluruh wilayah Kota Pahlawan.

Agar sarana dan prasarana ini bisa terinventarisir dan dikelola dengan baik, terangnya, perlu dibentuk UPTD yang khusus menangani sarana dan prasarana olahraga

“Pemkot Surabaya memiliki 457 sarana dan prasana olahraga yang tersebar di perkampungan hingga taman. Termasuk fasilitas olahraga yang berkapasitas besar dan standar internasional seperti Stadion Gelora Bung Tomo, Gelora Pancasila atau Stadion Gelora 10 November Tambaksari. Fasilitas-fasilitas ini harus dikelola dengan baik dan profesional,” jelas Khusnul, Senin (13/2/2023).

Menurut Khusnul, tupoksi Disbudporapar terlalu berat jika harus mengelola seluruh sarana dan prasarana olahraga ini, sementara juga sekaligus membina atlet.

BACA JUGA : DPRD Surabaya Siap Dukung Hidupkan Kembali THR – TRS

“Dengan adanya UPTD ini, nantinya urusan bidang sarana dan prasarana biar diurus UPTD sendiri, karena tugasnya juga cukup berat,” terangnya.

UPTD ini, lanjut Khusnul, juga akan mendukung program sport tourism yang telah diluncurkan Wali Kota Surabaya, yang tentu saja kesuksesa program ini tergantung sarana dan prasarana olahraga yang baik dan memiliki standar khusus.

“Selama ini Surabaya telah ditunjuk sebagai penyelenggara berbagai even olahraga skala nasional dan internasional. Dipilihnya Surabaya ini karena dianggap memiliki fasilitas olahraga yang sangat baik. Salah satunya adalah even akbar gelaran Piala Dunia U-20 yang tinggal hitungan hari,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya.

Dengan adanya pertandingan olahraga skala nasional dan internasional di Surabaya, tegas Khusnul, juga otomatis akan mendongkrak pariwisata, karena atlet yang datang ke Surabaya tidak hanya untuk bertanding saja, tapi juga akan menyempatkan diri menikmati pariwisata yang ada di Kota Pahlawan.

BACA JUGA : DPRD Kota Surabaya Tentang Program Night Zoo KBS

“Saya optimis, jika sarana dan prasarana olahraga di Surabaya fasilitasnya baik dan berstandar internasional, pasti akan banyak even olahraga yang digelar di Surabaya. Dan muaranya sport tourism ini akan mengenalkan Surabaya di dunia internasional dan tentunya perekonomian Surabaya akan semakin meningkat,” pungkasnya. (Adv/JM01)