Indah Kurnia Ajak Arek-arek Bonek untuk Wasapada Terhadap Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong

0
40
Indah Kurnia Ajak Arek-arek Bonek untuk Wasapada Terhadap Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong
Indah Kurnia Ajak Arek-arek Bonek untuk Wasapada Terhadap Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Indah Kurnia anggota Komisi XI DPR RI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi dan penyuluhan yang bertajuk Waspada Investasi Bodong dan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal kepada Bonek, di Warung Thribuwana Jalan Ketintang Madya Surabaya, Kamis (6/4/2023).

Pada kesempatan tersebut Heriyadi, Kepala Subbagian Edukasi dan perlindungan konsumen kantor Regional IV OJK Jawa Timur menyampaikan bahwa saat ini banyak sekali platform-platform pinjaman online ilegal yang menawarkan kemudahan namun justru menyengsarakan.

“Bila memang benar-benar membutuhkan pinjaman dari aplikasi online, kami menghimbau agar memilih platform pinjaman online yang legal,”ungkap Heriyadi.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pemerintah sudah membuat berbagai aturan untuk membendung masifnya penipuan melalui platform pinjol ilegal. Salah satunya adalah dengan melarang aplikasi pinjol ilegal muncul di playstore dan appstore.

“Meski platform Pinjol yang ilegal saat ini sudah tidak bisa ditemui di playstore maupun appstore, namun biasanya mereka mencari korbannya melalui link-link yang dikirim di medsos. Oleh karena itu teman-teman harus berhati-hati bila ada link-link penawaran pjnjaman,” tambah Heryadi.

BACA JUGA : Sembari Membagikan Sembako, Indah Kurnia Ingatkan Warga Kandangan Agar Tak Terjerumus Pinjaman Online Ilegal

Lebih jauh Heryadi menjelaskan, bila ada masyarakat menemukan kasus jerat pinjaman online, bisa melaporkan ke OJK melalui nomor WhatsApp 081157157157. Demikian juga bagi masyarakat yang mau melakukan pinjaman melalui online agar melakukan pengecekan legalitas lembaga lebih dulu. Yaitu dengan cara mengetik nama aplikasi dan mengirimkannya melalui whatsaap ke nomor 081157157157.

“Dengan cara itu masyarakat akan mendapat jawaban mengenai aplikasi tersebut legal atau tidak,”ucapnya.

Sementara itu Anggota DPR RI Indah Kurnia yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa masyarakat harus bijak mengatur keuangannya, yakni menggunakan uang berdasar kebutuhan saja.

“Kita harus bijak mengatur keuangan, hindari membeli barang yang konsumtif,” tutur Indah Kurnia.

Indah juga berpesan kepada kelompok Bonek ini agar selalu mengedukasi diri dan memperkuat literasi.

BACA JUGA : Pemprov Jatim Kembali Gelar Program Mudik Gratis

“Literasi dalam segala hal ya. Kali ini saya mengajak teman-teman bonek untuk memperkuat literasi dalam bidang keuangan. Oleh karena saya mengajak OJK untuk memberikan pemahaman mengenai Pinjol dan Investasi”, ungkap Indah.

Halaman selanjutnya: Kalo teman-teman mau…..