Indah Kurnia Lanjutkan Sosialisasi Waspada Investasi Bodong dan Pinjaman Online Ilegal di Desa Grabagan Kecamatan Tulangan Sidoarjo.

0
32
Indah Kurnia Lanjutkan Sosialisasi Waspada Investasi Bodong dan Pinjaman Online Ilegal di Desa Grabagan Kecamatan Tulangan Sidoarjo.
Indah Kurnia Lanjutkan Sosialisasi Waspada Investasi Bodong dan Pinjaman Online Ilegal di Desa Grabagan Kecamatan Tulangan Sidoarjo.

Sidoarjo, JATIMMEDIA.COM – Indah Kurnia anggota Komisi XI DPR RI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali melakukan sosialisasi dan penyuluhan yang bertajuk Waspada Investasi Bodong dan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal. Kali ini hal itu dilakukan kepada warga Tulangan Sidoarjo, pada Sabtu 12 Agustus 2023.

Acara yang digelar mulai sekira pukul 10.15 hingga berakhir pukul 12.45 di pendopo Desa Grabagan tersebut, diikuti oleh ratusan peserta.

Pada kesempatan tersebut, Ade Kuntho dari Yayasan Insan Keberagaman Nusantara selaku penylenggara kegiatan menyampaikan, bahwa saat ini banyak sekali platform-platform pinjaman online ilegal yang menawarkan kemudahan namun justru menyengsarakan.

“Bila memang benar-benar membutuhkan pinjaman dari aplikasi online, kami menghimbau agar memilih platform pinjaman online yang legal,”ungkap Ade.

Ia juga menghimbau agar masyarakat selalu ingat dengan kontak pengaduan OJK yaitu di nomor 157 atau whatsApp 081157157157, agar dengan cara itu masyarakat akan mendapat jawaban mengenai aplikasi tersebut legal atau tidak.

“Coba sakniki (sekarang) jenengan (Anda) coba kirim WA ke nomor tersebut, pasti nanti dijawab”, ujar Ade pada peserta sosialisasi.

Ade juga menyampaikan bahwa salah satu ciri sebuah investasi adalah Legal dan Logic. Legal artinya lembaga yang melaksanakan kegiatan investasi atau memghimpun dana masyarakat harus memiliki izin dari OJK. Logic artinya apa yang ditawarkan oleh lembaga/perusaahan investasi harus masuk akal dan tidak mengada-ada atau menjanjikan sesuatu yang berlebihan. Misalnya, tawaran bunga besar atau tawaran investasi tanpa resiko.

Sementara Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jatim 1 Indah Kurnia menambahkan, masyarakat harus bijak mengatur keuangannya, yakni menggunakan uang berdasar kebutuhan saja.

BACA JUGA : Indah Kurnia Sosialisasikan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di Babatan Wiyung Surabaya

“Kita harus bijak mengatur keuangan, hindari membeli barang yang konsumtif,” tutur Indah Kurnia di depan warga Tulangan.

Akhir-akhir ini, lanjut Indah Kurnia, banyak beredar informasi yang tidak sehat melalui sosial media. Mengenai investasi bodong dan pinjaman online ilegal. Karenanya ia menghimbau, agar masyarakat tidak terbujuk dengan tawaran iming-iming sesuatu yang tidak rasional oleh pihak siapapun.

“Salah satu upaya untuk bisa mempertahankan kondisi keuangan keluarga adalah dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan produktif seperti usaha maupun opsi lain yang lebih menantang dan menjanjikan keuntungan seperti investasi dengan tujuan agar uang tidak berhenti di tabungan,” ucapnya.

Indah juga berterimakasih atas antusiasme warga mengikuti penyuluhan tersebut.

“Terimakasih seluruh warga Tulangan yang masih mau terus belajar mengedukasi diri agar tidak terjebak Investasi bodong dan Pinjaman Online, semoga semua diberi kesehatan agar bisa terus berjuang demi kehidupan yang lebih baik,” pungkasnya.

BACA JUGA : Indah Kurnia dan OJK Sosialisasikan Waspada Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal Lewat Senam dan…

Sementara itu, Kamadi kepala Desa Grabagan menyampaikan terimakasihnya kepada Indah Kurnia. Sebab banyak hal yang sudah dibantu melalui program mitra kerjanya bu Indah di komisi XI DPR RI.

“Maturnuwun sanget (terimakasih banyak) Bu Indah, sudah banyak membantu kami, membantu warga kami, ngopeni (memperhatikan) kami selama ini”, ungkap kamadi. (JM01)