Ini 8 Tips Memilih Toner Terbaik untuk Kulit Anda

0
31
Ini 8 Tips Memilih Toner Terbaik untuk Kulit Anda
Ini 8 Tips Memilih Toner Terbaik untuk Kulit Anda

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Membersihkan wajah adalah kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan menjaga kulit wajah tetap sehat. Maka dari itu, toner adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan segar.

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis toner yang bisa Anda pilih, seperti toner untuk kulit kering. Nah, karena ada banyak pilihan toner yang tersedia di pasaran, memilih toner yang terbaik untuk kulit Anda merupakan hal yang penting. Agar tidak bingung, berikut ini 8 tips memilih toner terbaik untuk kulit Anda.

Sebelum membahas tips memilih toner, ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari produk toner sebagai pembersih dari kulit wajah Anda, diantaranya:

  1. Membersihkan Sisa Kotoran. Toner punya peran penting untuk menghilangkan sisa kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit wajah jadi lebih cerah. Toner ini juga membantu menjaga kulit tetap bersih dan mencegah pori-pori tersumbat.
  2. Menghidrasi dan Mencerahkan Kulit. Beberapa toner mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau salicylic acid yang dapat memberikan hidrasi tambahan kepada kulit. Kandungan tersebut dapat membantu kulit tetap lembap dan terhidrasi, terutama jika Anda memiliki kulit kering. Selain itu, ada juga beberapa produk toner yang memberikan efek mencerahkan pada kulit. Ini membuat kulit terasa lebih cantik dan sehat. Produk toner yang dapat mencerahkan umumnya mengandung komposisi seperti niacinamide hingga arbutin.
  3. Mengontrol Minyak Berlebih. Selain dapat mencerahkan dan membersihkan kulit, toner juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit, terutama jika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Bahan seperti asam salisilat atau niacinamide sering digunakan dalam toner untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

BACA JUGA : Bank Indonesia Terus Sosialisasikan FESyar Regional Jawa 2023

Ini 8 Tips Memilih Toner Terbaik untuk Kulit Anda
Ini 8 Tips Memilih Toner Terbaik untuk Kulit Anda

Berikut tips cara memilih toner yang bisa jadi reverensi anda:

  • Ketahui Jenis Kulit Anda. Tips pertama yang perlu Anda lakukan saat memilih toner adalah mengetahui jenis kulit Anda. Ketahui terlebih dahulu, apakah kulit Anda berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, dan toner yang tepat akan membantu mengatasi masalah kulit Anda dengan lebih efektif. Misalnya, jika Anda memiliki kulit berminyak, toner dengan kandungan bahan sebum kontrol seperti salisilat atau niacinamide dan yang terbuat dari air atau water based dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah Anda.
  • Perhatikan Kandungan Bahan Aktif dalam Toner. Kandungan bahan-bahan aktif dalam toner sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan terlebih dahulu toner yang Anda pilih mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Beberapa bahan aktif yang sering ditemukan dalam toner yang baik termasuk asam hialuronat untuk menghidrasi kulit, lalu ada kandungan alami seperti chamomile atau green tea untuk efek anti-inflamasi, serta kandungan asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA) untuk eksfoliasi kulit atau pengangkatan sel-sel kulit mati yang dapat membuat kulit wajah terlihat kusam.
  • Cari Produk Non-Komedogenik. Jika Anda memiliki kulit berjerawat atau rentan terhadap jerawat, pilih toner yang non-komedogenik. Produk dengan label non-komedogenik terbuat dengan kandungan yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat baru atau bahkan iritasi pada kulit. Jenis produk ini cocok untuk jenis kulit berjerawat. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk non-komedogenik, pastikan produk tersebut benar-benar aman untuk kulit berjerawat.
  • Pilih pH yang Sesuai. Kulit manusia memiliki pH alami sekitar 5,5, yang sedikit asam. Disarankan untuk memilih toner dengan pH yang sesuai dengan pH kulit Anda dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah iritasi pada kulit wajah Anda.
  • Pertimbangkan Tekstur Toner. Toner hadir dalam berbagai tekstur, termasuk cair, gel, dan toner dengan tekstur padat seperti krim. Pilih tekstur yang sesuai dengan preferensi Anda dan tipe kulit Anda. Misalnya, toner cair cocok untuk kulit berminyak, sementara toner padat atau berbentuk gel dapat lebih cocok untuk kulit kering.
  • Coba Terlebih Dahulu. Sebelum Anda membeli produk toner, disarankan untuk mencoba toner tersebut terlebih dahulu. Terapkan sedikit toner di daerah kecil di kulit Anda untuk memeriksa apakah ada reaksi iritasi atau alergi. Jika kulit Anda merespons dengan baik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya secara rutin.
  • Konsultasikan dengan Profesional. Jika Anda tidak yakin dalam memilih toner yang tepat untuk kulit Anda, Anda bisa konsultasikan dengan seorang ahli perawatan kulit atau dermatologis. Pihak profesional dapat memberikan saran yang sesuai berdasarkan kondisi kulit Anda, sehingga Anda bisa menjaga kesehatan kulit dengan toner yang sesuai.

BACA JUGA : Gubernur Khofifah Launching Logo dan Kick Off Rangkaian Hari Jadi ke-78…

Untuk memilih toner terbaik bagi kulit Anda, penting untuk memahami kebutuhan serta jenis kulit Anda. Jika Anda butuh membeli toner, Anda bisa membelinya di Shopee! Ada banyak produk toner yang bisa Anda pilih di Shopee.

Selain ada banyak rekomendasi toner terbaik, belanja di Shopee juga menguntungkan, karena Anda bisa menikmati promo dari Crazy Beauty Deals Shopee. Ada berbagai promo yang bisa Anda nikmati, seperti promo Gratis Ongkir Rp0, Diskon Brand 50%, dan Flash Sale di bawah 50RB. (Adv/JM01)