Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Ini Cara Daftarnya

0
115
Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Pendaftaran program Kartu Prakerja secara resmi telah di buka Pemerintah pada hari ini, Sabtu (11/4/2020), dimana untuk gelombang pertama akan ditutup pada hari Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB dan pengumuman peserta pendaftaran pertama akan diumumkan pada hari Jumat (17/4/2020). Dan setelahnya, akan dibuka kembali pendaftaran untuk gelombang berikutnya.

Pendaftaran ini bisa dilakukan oleh setiap tenaga kerja yang berada di seluruh kawasan di Indonesia. Ini berbeda dengan rencana awal, yaitu di tahap pertama, program Kartu Prakerja hanya difokuskan untuk empat wilayah, yaitu Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya.

“Ini sudah berubah, dengan sistem online makanya open acces dan karena sifatnya digital dari manapun bisa,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ketika memberikan keterangan pers terkait peluncuran Program Kartu Prakerja dalam video conference, Sabtu (11/4/2020).

Adapun untuk beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja di antaranya adalah WNI berusia di atas 18 tahun, tidak sedang menjalani pendidikan formal, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan, dan diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda.

Setiap peserta nantinya akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan bertahap selama empat bulan, dengan rincian; biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif setelah menuntaskan pelatihan Rp 2,4 juta yang akan diberikan Rp 600.000 setiap bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 150.000 (masing-masing Rp 50.000 untuk tiga kali survei).

“Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun www.prakerja.go.id. Dan peserta dapat mengecek statusnya di dashboard akun masing-masing,” terang Airlangga.

Tak Digunakan 30 Hari, Bantuan Pelatihan Kartu Prakerja Bakal Hangus

Namun demikian, Airlangga juga menegaskan bahwa para peserta bisa mengambil pelatihan selanjutnya bila sudah menuntaskan pelatihan pertama. Dan manfaat bantuan pelatihan pun akan hangus dalam 30 hari jika setelah ditetapkan sebagai penerima peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untik pelatihan.

“Bantuan pelatihan bisa hangus bila dalam 30 hari setelah ditetapkan, penerima belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama. Dengan kata lain, setelah dapat notifikasi penerima dalam 30 hari belum melakukan pelatihan, kartu hangus dan tidak bisa dilanjutkan lagi,” lanjut Airlangga.

Adapun untuk bisa mendapatkan pelatihan, setelah calon peserta telah mendaftar dan lolos proses pendaftaran, peserta yang bersangkutan bisa membeli pelatihan yang diinginkan melalui e-commerce yang bekerja sama dengan pemerintah.

“Apabila diterima pendaftaran, kami akan cross check data dengan di tempat kami, peserta bisa langsung membeli pelatihan di berbagai toko seperti Tokopedia, Ruangguru, Maubelajarapa, dan lainnya. Pembayarannya dilakukan dengan kode unik 16 angka,” jelas Airlangga, sambil menambahkan bahwa bantuan lewat program Kartu Prakerja hanya diberikan satu kali pada satu orang, agar bisa merata dan lebih banyak.

Tiga Tahap Lengkap Pendaftaran

Berikut tiga tahap lengkap daftar Kartu Prakerja atau cara membuat Kartu Prakerja:

  1. Membuat akun Kartu Prakerja melalui situs www. prakerja.go.id daftar. Lalu masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi baru. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja.
  2. Isi data diri Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang baru dibuat. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”. Isi data diri dengan lengkap formulir Kartu Prakerja (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”. Kemudian masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran. Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Prakerja tersebut (cara mendaftar Kartu Prakerja), peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020. (JM01)