Pesta HUT Gubernur Jatim Khofifah Dinilai Langgar Prokes, Ini Kata Sekdaprov

0
273
Pesta Ulang Tahun Khofifah Dinilai Langgar Prokes, Ini Penjelasan Sekdaprov
Gambar diambil dari potongan video yang viral di media sosial tentang pesta ulang tahun Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (istimewa)

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sebuah video suasana pesta ulang tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di rumah dinas Khofifah di komplek Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya pada Rabu malam (19/5/2021) menjadi viral di jejaring media sosial.

Dalam video yang dinilai banyak pihak menciderai semangat menjaga protokol kesehatan itu, terlihat kerumunan tamu sambil bernyanyi diiringi musik dengan mendatangkan vokalis Katon Bagaskara.

Menanggapi hal ini, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menjelaskan bahw memang benar ada acara itu yang merupakan acara memperingati HUT Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Heru juga menyatakan bahwa dirinya lah yang menginisiasi acara tersebut.

Dalam acara tersebut, masih menurut Heru, selain mengundang para anak yatim, acara itu juga dihadiri secara terbatas oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

Baca juga : Khofifah Minta Jatim Harus Jadi Barometer Kebangkitan dari Pandemi

“Acara HUT Gubernur Jatim itu menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Karena itu acara tasyakuran ini sengaja dilaksanakan di ruang terbuka, tepatnya di halaman rumah dinas Gubernur yang cukup luas. Tujuannya untuk menjaga sirkulasi udara dan keamanan,” ujarnya, Jumat (21/5/2021).

Disamping itu, lanjutnya, Kepala OPD Pemprov Jatim yang ikut hadir selama ini secara rutin, maksimal sebulan sekali, melakukan tes swab PCR. Dan saat ini tidak ada yang terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan, untuk para anak yatim yang diundang juga sebelumnya telah dilakukan screening terlebih dahulu lewat swab antigen, dan telah dipastikan hasilnya negatif.

“Kami bersama beberapa kepala OPD berinisiatif merayakan tasyakuran HUT Ibu Gubernur dengan mengundang anak yatim. Jadi memang kegiatannya sangat terbatas, dan hanya untuk Kepala OPD saja yang jumlahnya sekitar 30 orang,” tambah Heru.

Baca juga : BPJS Kesehatan Jelaskan Soal Dugaan Kebocoran Data 279 Juta Penduduk Indonesia

Heru juga menegaskan bahwa kalaupun terdapat beberapa foto yang mungkin dimiliki masyarakat, di mana hadirin tampak ada yang melepas masker, hal tersebut dikarenakan sedang makan.

“Foto-foto yang diunggah ke beberapa media bukanlah kondisi sesungguhnya pada saat kegiatan tasyakuran ulang tahun Gubernur Khofifah Rabu malam,” tegasnya.

Sementara untuk hidangan yang disajikan, kata Heru, makanan tersebut berasal dari katering yang biasa menyiapkan menu di Gedung Negara Grahadi Surabaya, dimana pramusajinya juga secara berkala dan rutin dilakukan usap PCR.

Baca juga : Kini Perubahan Nama Dan Layanan Lain, Bisa Dilakukan di Kecamatan. Ini…

“Sedang terkait kehadiran Katon Bagaskara, memang kebetulan beliau teman baik saya, dan dia datang untuk ikut menyampaikan selamat secara langsung pada Ibu Gubernur. Dan di akhir acara, mas Katon menyumbangkan lagu untuk Ibu Gubernur hanya sekadar untuk menambah keceriaan acara,” ujarnya. (JM01)