Wali Kota Surabaya Cak Eri Buktikan Ngantor di Kelurahan

0
17
Wali Kota Surabaya Buktikan Ngantor di Kelurahan
Wali Kota Surabaya Buktikan Ngantor di Kelurahan

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menyampaikan keputusan untuk berkantor di kelurahan-kelurahan di Surabaya untuk dapat mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan menemukan solusi yang tepat, ternyata benar-benar dilakukan.

Terbukti dalam sehari (Kamis 20 mei 2021), ada dua titik lokasi kelurahan didatangi. Dimana pada hari pertama berkantor di kelurahan itu, Cak Eri, panggilan akrabnya, mendatangi kantor Kelurahan Bubutan dan Krembangan Selatan. Sejak pagi pukul 09.00 Wib, dia didampingi jajarannya intens membahas apa saja yang biasanya menjadi kendala dalam memberikan pelayanan publik.

Selain menyapa warga di ruang loket palayanan, Cak Eri juga bertanya kepada warga yang sedang terlihat antre di depan loket, lalu menawarkan bantuan apabila terdapat keluhan dalam memberikan pelayanan publik.

Tanpa menunggu lama, kesempatan emas itu langsung dimanfaatkan oleh sejumlah warga. Salah satunya adalah Marlen ES Kamagie (59th), warga Kelurahan Perak Barat Kecamatan Krembangan yang menyampaikan keluhannya terkait permasalahan ahli waris. Dan Cak Eri dengan seksama mendengarkan rentetan cerita Marlan.

Baca juga : Pesta HUT Gubernur Jatim Khofifah Dinilai Langgar Prokes, Ini Kata Sekdaprov

Seketika itu, orang pertama di Kota Pahlawan ini menelepon Pengadilan Negeri meminta bantuan mengatasi persoalan itu. Dalam keterangan yang disampaikan Merlin, dia hendak menguruskan ahli waris yang suaminya telah meninggal dunia. Suami tersebut, sebelumnya telah menikah dengan seseorang dan memiliki lima orang anak.

“Alhamdulillah setelah beliau (Merlin) bercerita detail lalu kita rapatkan dengan kelurahan, Dispendukcapil dan bagian organisasi. Akhirnya, kita dapat temukan solusi yang tepat karena seorang pemimpin itu harus bisa melakukan inovasi yang tujuannya melayani masyarakat,” kata Cak Eri.

Dari Kelurahan Bubutan, Cak Eri menuju kelurahan kedua yakni di Kelurahan Krembangan, yang ternyata kedatangannya sudah ditunggu-tunggu sejumlah warga. Secara bergilir satu persatu warga mencurahkan keluh kesahnya terkait kesulitan yang tengah dihadapi. Diantaranya, ada warga yang ingin diikutsertakan sebagai warga MBR, pengurusan surat ahli waris, pelayanan kesehatan hingga persoalan-persoalan administrasi kependudukan yang tengah mereka alami.

Baca juga : Kini Perubahan Nama Dan Layanan Lain, Bisa Dilakukan di Kecamatan. Ini…

Dan dengan sabar, Cak Eri benar-benar berusaha mencari solusinya. Terlihat ketika salah seorang warga membahas pelayanan kesehatan, ia pun langsung menghubungi dinas terkait. Tak terasa hampir 10 orang yang pada sore itu mendapatkan solusi atas kegelisahannya.

Di samping itu, Cak Eri juga memastikan setelah mendapati berbagai persoalan masyarakat, kedepan ia akan memperbarui beberapa Peraturan WaliKota (Perwali). Bahkan salah satunya seperti kasus yang banyak ditemui pada hari ini adalah persoalan ahli waris.

“Yang jelas perwali dengan waris. Jelas ini masalahnya banyak. Terus dengan perwali pelayanan. Nanti pelayan publik ada disini,” ungkapnya.

Baca juga : BPJS Kesehatan Jelaskan Soal Dugaan Kebocoran Data 279 Juta Penduduk Indonesia

Rencananya, kegiatan wali kota ngantor di kelurahan ini akan dilakukan rutin, dengan berkeliling di 31 kecamatan se Surabaya (154 kelurahan). Tiap hari ia akan ngantor di dua kelurahan yang masing-masing dimulai pukul 09.00-12.00 WIB dan pukul 13.00-15.00 WIB. (JM01)

3.